Aksi Garda Pelindung Hewan, Beri Makanan dan Pengobatan ke Kucing Jalanan

Aksi Garda Pelindung Hewan, Beri Makanan dan Pengobatan ke Kucing Jalanan

KOTA PEKALONGAN - Pemandangan berbeda terlihat di sejumlah sudut Pasar Grogolan, Kota Pekalongan, Jumat (12/11/2021) sore. Di sekitar lokasi tersebut tampak beberapa orang pemuda dan pemudi yang memberikan sedekah 'dry food' atau makanan kering ke kucing-kucing yang mereka temui di dalam kompleks pasar maupun di pinggir jalan di sekitar pasar.

Beberapa lagi terlihat memberikan pengobatan kepada kucing yang terlihat sakit. Ada yang mengoleskan salep untuk kucing yang jamuran. Ada pula yang memberikan suntikan kepada kucing yang sakit kulit maupun jamuran parah.

Para pemuda tersebut ternyata merupakan pengurus dan anggota organisasi bernama Garda Pelindung Hewan (GPH). Mereka mewujudkan kepedulian kepada hewan, khususnya kucing-kucing liar atau kucing tak berpemilik yang membutuhkan makanan maupun pengobatan.

Wakil Ketua GPH, Khudori, mengungkapkan kegiatan yang mereka lakukan sore itu berupa 'street feeding' atau memberikan makanan kepada kucing-kucing yang mereka temui di jalanan, pasar-pasar, maupun di lokasi-lokasi lain. Mereka juga mengobati kucing-kucing yang terindikasi sakit. Bahkan juga me-rescue atau menyelamatkan kucing yang membutuhkan pertolongan.

"Kita saat ini melakukan street feeding, memberikan makanan ke kucing-kucing di pasar ini, sekaligus patroli untuk menemukan kucing yang sakit kemudian kita obati. Kalau sakitnya parah, akan kita bawa ke dokter hewan atau klinik hewan untuk mendapat pengobatan," jelas Khudori.

Dia mengungkapkan, pakan maupun obat untuk kegiatan mereka, mereka dapatkan dari hasil donasi rekan-rekan sesama cats lover (pecinta kucing), dari sejumlah petshop di Kota Pekalongan dan sekitarnya, maupun dari beberapa donatur atau sponsor lainnya.

Khudori menuturkan, GPH yang baru terbentuk sejak Oktober lalu ini juga telah memiliki shelter atau tempat penampungan bagi kucing-kucing yang telantar dan butuh perawatan. "Shelter saat ini sudah ada, yakni di tempat saya di Watesalit Batang dan di teman saya, Mas Ardi, di daerah Kuripan," imbuh warga Batang ini.

Ditambahkan Khudori, tujuan dari aksi yang mereka lakukan itu juga untuk mengajak semua orang agar lebih peduli terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar lingkungan masing-masing. "Harapannya, kita bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli pada hewan-hewan di sekitar kita," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua GPH, Zulfa Meliana Liana, menambahkan bahwa saat ini ada beberapa donatur atau sponsor tetap untuk kegiatan GPH. Mereka diantaranya Wild Exo Petshop, Fifi Skin Clinic, dan juga Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Dia berharap, ke depannya akan semakin banyak masyarakat yang bersedia turut ambil bagian memberikan donasi untuk mendukung kegiatan GPH, ataupun langsung ikut kegiatan di lapangan. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: