Pasca Pandemi, Jumlah Ibu Hamil Meningkat

Senin 10-08-2020,18:30 WIB

BATANG - Pandemi Covid-19 turut berpengaruh pada angka kehamilan di Kabupaten Batang. Kepala Dinkes Batang, dr Muchlasin membenarkan bahwa pasca pandemi angka kehamilan di Batang meningkat.

Dia menjelaskan, dari bulan Januari hingga Juni kemarin angka kelahiran sudah menunjukkan peningkatan 10 sampai 15 persen. "Dengan adanya peningkatan angka kehamilan otomatis angka kelahiran juga melonjak," ujarnya saat diwawancarai Radar Pekalongan, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, Januari angka kelahiran masih 735, tapi selama pandemi ini tiap bulan meningkat dengan angka kelahiran terakhir bulan Juni mencapai 913.

Bupati Batang, Wihaji, pun meminta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) agar di masa pandemi covid-19 bisa menekan angka kenaikan kehamilan.

"Kondisi sekarang tingkat kehamilan mencapai 10 persen, bahkan lebih, maka saya minta DP3AP2KB tugasnya tekan seminimal mungkin angka kehamilan di Kabupaten Batang," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait