Ajak Anak Hafal Surat Yasin dan Waqiah

Kamis 09-01-2020,15:00 WIB

*MIS Tegalrejo

FOTO - Siswa pemenang lomba dalam kegiatan clasmeeting MIS Tegalrejo foto bersama usai penyerahan hadiah.

KOTA - Setiap sekolah memiliki ciri khas tersendiri dalam memberikan pembelajaran kepada para siswanya, tak terkecuali MIS Tegal Rejo yang memiliki ciri khas membiasakan siswa membaca dan menghafalkan surat Yasin serta Al Waqiah sebagai pendidikan yang berada dibawah naungan Ma'arif NU.

Demikian disampaikan Kepala MIS Tegalrejo, Ayatillah Laila Madina, kepada Radar Pekalongan di ruang kerjanya, Rabu (8/1). Program membaca dan menghafal kan surat Yasin dan Al Waqiah ini menurutnya sudah berjalan selama dua tahun, dan sepanjang perjalanan ini mendapatkan respon yang baik dari para siswa.

"Selain program tahfidz yang harus hafal 1 juz yaitu juz 30 selama menempuh pendidikan disini, MIS Tegal Rejo juga memiliki kekhususan yaitu surat Yasin dan Al Waqiah yang juga harus sudah mereka hafal ketika lulus dari sini," ungkap Ela, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, pemilihan surat Yasin dan Al Waqiah sendiri tidak terlepas dari kebiasaan tradisi Ma'arif NU yang akrab dengan wisata religi serta pembiasaan sholat dhuha berjamaah bagi siswa. Sehingga ketika mereka melakukan wisata religi bisa membacakan surat Yasin serta membaca surat Al Waqiah selepas sholat dhuha.

"Kita rutin ya membaca ke dua surat tersebut, jadi meskipun ada tuntutan menghafal, mereka tidak akan merasa berat dan bisa tiba-tiba hafal karena sudah terbiasa membaca setiap harinya," imbuhnya. Untuk evaluasi sendiri, ia menjelaskan lebih ditekankan kepada wali kelas masing-masing. Sehingga penilaian tidak hanya sekedar hasil akhir namun juga proses sepanjang menghafalkan.

"Kita tidak akan melihat hanya dari satu sisi ya,sebisa mungkin kalau nilai kurang bagus dan bisa diremidi kita remidi. Pokoknya kita melihat proses kesungguhan mereka dalam menghafal," terang Ela. Pihaknya berharap, dengan semua program yang dimiliki oleh MIS Tegal Rejo bisa membuat siswa menjadi anak yang lebih bermanfaat ilmunya,serta berguna bagi keluarga,masyarakat bisa dan bangsa.

"Karena tugas besar kita sebenarnya tidak hanya mendidik anak ya, tapi lingkungan karena bagaimana dengan mendidik anak kita juga bisa memotivasi orang tua serta lingkungannya untuk turut serta melakukan kebaikan juga," pungkasnya. (mal)

Tags :
Kategori :

Terkait