Pasukan Orange Siap Tempur di Tahun Baru

Selasa 31-12-2019,11:15 WIB

*Antisipasi Membludaknya Sampah

TERBATAS - Dump tru keluar dari pool untuk mengambil sampah di sejumlah TPS. Karena terbatasnya jumlah armada, masyarakat diminta memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

BATANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang sudah menyiagakan petugas kebersihan untuk mengantisipasi membludaknya sampah di tahun baru. Paetugas yang kerap disebut Pasukan Orange itu pun nantinya akan ditempatkan di beberapa titik keramaian. Khususnya di beberapa titik keramaian di pusat kota Batang, seperti alun-alun, Jalan Veteran, Hutan Kota Rajawali, Dracik Kampus, dan lainnya.

"Untuk malam tahun baru, kami fokus di titik-titik kota dulu. Seperti alun-alun Batang, Jalan Veteran, HKR dan juga Dracik. Kebanyakan di Malam Tahun Baru banyak anak muda dan masyarakat yang nongkrong di situ, sehingga diprediksi bakal meninggalkan sampah, oleh karenanya kami akan sebar pasukan di titik tersebut," terang Kepala DLH Batang, Agus Riyadi didampingi, Kabid Persampahan, Sunarto, saat diwawancarai, Senin (30/12).

Di luar itu juga sudah disipakan dua armada dump truck. Ditambah adanya 20 personil pasukan Orange akan bertugas di wilayah kota. Sehabis kembang api usai pun dimungkinkan akan segera ada gerakan kebersihan.

"Sebisa mungkin nanti langsung dibersihkan. Jika memungkinkan kalau kembang apinya sudah selesai langsung bergerak. Kalau pun tidak seperti tahun lalu, sudah mulai dibersihkan jam 3 pagi. Paling telat subuh sudah bisa dikerjakan dan bersih," jelasnya.

Meskipun sudah menyiagakan personil dan pasukan Orange, pihaknya mengimbau masyarakat untuk bisa membuang sampah pada tempatnya. Sehingga bisa meringankan tugas dan kerja petugas kebersihan.

"Mereka (Pasukan Orange) memang tidak libur pada tahun baru. Karena kalau libur otomatis sampah langsung menggunung. Dan mereka memang sudah bekerja sesuai dengan shiftnya. Meski begitu kami harap ada kesadaran dari masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga bisa memudahkan pekerjaan para petugas kebersihan," pintanya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait