Menyantap Durian Berkualitas Sambil Menikmati Sejuknya Panorama

Rabu 19-02-2020,17:30 WIB

*Wisata Duren Boyo jadi Ikon Desa Doro

SPOT SELFIE - Lokasi spot selfie di obyek wisata Duren Boyo menyuguhkan pemandangan yang indah di atas sungai Sengkarang.

KAJEN - Menyantap durian di pinggir jalan itu sudah biasa. Tetapi apa jadinya jika buah dengan bau menyengat ini dinikmati di tengah ratusan pohon durian. Nah, sensasi itu coba ditawarkan di Obyek Wisata Duren Boyo di Desa/Kecamatan Doro.

Selain bisa menikmati Duren Boyo yang berkualitas dengan cita rasa yang khas dan banyak variannya, mata pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup indah.

Kepala Desa Doro, Alimin mengatakan, wisata Duren Boyo telah ditetapkan menjadi ikon desanya. Harapannya, ke depan semakin dikenal luas, sehingga tingkat kunjungan juga meningkat. Kalau kunjungan meningkat, kata dia, otomatis ekonomi akan menggeliat dan perekonomian warga Doro ikut terdampak.

"Lokasi wisata Duren Boyo sekitar satu kilo meter dari balai desa ke arah selatan dan masuk gang. Banyak fasilitas yang ditawarkan, ada pancuran ikan, flying fox dan spot selfie yang menarik. Yang pasti, bagi pecinta durian enggak bakal kecewa, di sana tinggal pilih, harga standar kualitas duren manis legit, tebal dagingnya jaminan mutu pokoknya," terangnya kepada Radar Pekalongan, Selasa (18/2/2020).

Sementara itu, pemilik brand Duren Boyo sekaligus pemilik tempat wisatanya, Yasin Yusuf kepada Radar menjelaskan, saat ini ada 160 lebih pohon duren miliknya yang telah telah menjadi jujukan warga Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya. Bahkan, dari luar daerah sudah siap meminta kiriman bibit dari jenis duren miliknya.

Menurut Yusuf, keunggulan durian Boyo di antaranya memiliki postur besar yang mampu mencapai 5 - 6 kg per butir. Durian berwarna kuning itu memiliki daging tebal, rasa manis, legit, enak, wanginya harum serta kulitnya tidak mudah merekah.

"Duren Boyo pernah menjadi pemenang kontes durian di Kabupaten Pekalongan beberapa waktu lalu. Dinas Pertanian Kabupaten Pekalongan kemudian mengusulkan durian lokal ini untuk mendapat sertifikat nasional. Saat ini, durian Boyo telah resmi bersertifikat sebagai Durian Unggulan Kabupaten Pekalongan dari Kementerian Pertanian," jelas Yusuf. (jun)

Tags :
Kategori :

Terkait