Pramuka Siagakan Relawan Tanggap Bencana

Selasa 07-01-2020,16:00 WIB

LANTIK - Kakwarcab Pramuka Batang, Retno Dwi Irianto saat melantik anggota Gerakan Pramuka Peduli, Senin (6/1).

BATANG - Kwarcab Pramuka Batang menyiapkan puluhan personil tanggap bencana. Anggota yang terhimpun dalam Gerakan Pramuka Peduli itu resmi dilantik, Senin (6/1) kemarin, di Gedung Pramuka Batang. Total sekitar 60 personil siap diterjunkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Harapannya, Pramuka Peduli Batang ini dapat bermanfaat dan membantu pemerintah maupun masyarakat dalam penanganan bencana. Juga bisa bersinergi dengan BPDB maupun instansi lain ketika terjuan melakukan penanggulangan bencana," ujar Ka Kwarcab Pramuka Batang, Retno Dwi Irianto.

Ketua Pengurus Pramuka Peduli Kwarcab Batang, Wahyu Sujatmiko menjelaskan, pembentukan Pramuka Peduli itu memang sesuai dengan instruksi Kwarda Jateng. Dengan harapan, anggota Pramuka bisa membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan dan penanggulangan bencana.

"Untuk periode 2019-2024 ini sudah dibagi personil sesuai dengan bidangnya. Ada bidang penanggulangan bencana, bidang kemanusian, lingkungan hidup, satuan reaksi cepat untuk penanggulangan bencana, satuan reaksi kemanusiaan, dan satuan reaksi untuk lingkungan hidup," jelasnya.

Ke depan, pihaknya juga sudah memiliki program kerja. Seperti dalam peringatan Bosen Powell Day dan Donor Dara. Ada juga program menjelang Ramadan dan Lebaran untuk pengamana arus mudik dan lainnya. Selain itu, pihaknya juga akan mengikuti kegiatan insidentil dalam membantu kinerja BPBD Batang, seperti evakuasi, dapur umum, trauma healing, dan lainhya.

"Nantinya anggota Pramuka peduli ini juga akan dilatih dan memiliki sertifikasi. Baik yang digelar BPBD atau pun dari pusat. Sehingga tidak hanya sekadar terjun saja, tetapi sudah sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasinya," tandasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait