Tuan Rumah Raih Peringkat II Perolehan Medali

Senin 16-12-2019,16:40 WIB

*Kejuaraan Finswimming tingkat Jawa Tengah

PENYERAHAN MEDALI - Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan, bersama Ketua POSSI Kota Pekalongan, Isnaeni Ruhullah Khumaeni, perwakilan POSSI Jawa Tengah, Kabag Humas Pemkot Pekalongan, M Restu Hidayat dan perwakilan Forkopimda usai penyerahan medali dalam Kejuaraan Finswimming KONI Cup tingkat Jawa Tengah, Sabtu (14/12).

KOTA - Tuan rumah Kota Pekalongan, sukses menyabet peringkat kedua dalam klasemen perolehan medali Kejuaraan Finswimming KONI Cup tingkat Jawa Tengah tahun 2019 yang digelar Pengkot Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Pekalongan, Sabtu (14/12) di Kolam Renang THR Kramat, Kabupaten Batang.

Kontingen Kota Pekalongan sukses mengumpulkan 67 medali yang terdiri dari 14 medali emas, 25 perak dan 28 perunggu. Kota Pekalongan berada di bawah POSSI Kabupaten Banjarnegara yang mengumpulkan total 74 medali yang terdiri dari 36 emas, 20 perak dan 18 perunggu. Sementara untuk peringkat ketiga, diraih oleh POSSI Kota Magelang dengan raihan 32 medali yang terdiri dari 13 emas, 10 perak dan 9 perunggu.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 109 atlet dari 9 POSSI kabupaten/kota yang turut serta dalam 84 nomor dalam 6 kelompok umur yang dipertandingkan. Yakni kelompok umur senior (terbuka), kelompok umur Junior B, kelompok umur Junior C, kelompok umur Junior, D, Junior E dan Junior pemula.

Kejuaraan dibuka langsung oleh Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan bersama Ketua POSSI Kota Pekalongan, Isnaeni Ruhullah Khumaeni dan perwakilan Forkopimda. Dalam sambutannya, Maretan mengatakan bahwa turnamen tersebut digelar dalam rangka pencarian atlet berbakat di tingkat Jawa Tengah sebagai modal untuk dikirim dalam event tingkat nasional yakni PON.

"Yang pertama, kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang pencarian atlet selam berbakat dari seluruh Jawa Tengah. Karena ke depan Jawa tengah khususnya dari cabor selam, harus dapat lebih berprestasi lagi dalam PON. Saya berharap, adik-adik disinilah yang nantinya bisa muncul sebagai atlet yang dapat mewakili Jawa Tengah," harapnya.

Atlet selam Jawa Tengah yang berasal dari Kota Pekalongan, M Zidan, sukses masuk dalam PON 2020 mendatang. Sehingga Maretan berharap ajang seperti ini dapat melahirkan atlet lainnya untuk persiapan PON berikutnya. "Sehingga harapan kami kejuaraan ini dapat digelar secara rutin setiap tahun," katanya.

Dia berharap, tidak hanya selam namun cabor lainnya juga dapat menggelar turnamen serupa yang mempertemukan atlet-atlet di seluruh Jawa Tengah. "Semoga melalui kerjasama seperti ini, antar KONI kabupaten/kota bisa semakin meningkatkan prestasi atlet dan memunculkan bibit atlet berbakat lainnya," tambah Maretan.

Ketua Panitia Kegiatan, R Rinto Hari Purnomo menambahkan, total ada 109 atlet yang mengikuti kejuaraan kali ini. Untuk kontingen Kota Pekalongan sendiri, mengirimkan sebanyak 44 atlet termasuk di dalamnya sejumlah atlet yang sudah malang melintang dalam kejuaraan selam di berbagai ajang seperti Naufal Haq Helmi Aditya, M.Sauqi, M.Zidan, Devita Iriyani, Derisa Putri Muliasari, Aghniya Nudiya Yasfi dan Qois Ziyan Fasa.

Sementara untuk kabupaten/kota lainnya, masing-masing yakni Banjarnegara mengirimkan 24 atlet, Kota Magelang 12 atlet, Kabupaten Banyumas 11 atlet, Kabupaten Jepara 10 atlet, Kabupaten Demak dan Kota Surakarta masing-masing 1 atlet.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait