Meriahnya Festival Durian Lolong 2019

Sabtu 09-02-2019,20:40 WIB

Ribuan orang mengunjungi festival durian lolong 2019 yang diselenggarakan oleh Dinporapar Kabupaten Pekalongan di desa lolong kecamatan karanganyar kabupaten pekalongan, sabtu (9/2). Para pengunjung dari pagi sudah mulai berdatangan kelokasi agar tidak ketinggalan dalam perburuan durian.

ANTUSIAS - Ribuan orang mengunjungi dan berebut durian di acara festival durian lolong 2019.

RIFKI RISYA

Dihadiri oleh rombongan forkompinda diantaranya bupati pekalongan H. Asip Kholbihi dan wakilnya Hj. Arini Harimurti, ketua dprd kabupaten pekalongan Hj. Hindun serta kapolres pekalongan AKBP Wawan Kurniawan dan dandim pekalongan Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Ridha.

Acara tersebut diawali dengan arak-arakan hasil bumi dan gunungan durian serta penampilan kesenian dari tiap kecamatan. Diikuti penilaian lomba durian serta pembagian gunungan durian. Pengunjung sendiri ditargetkan panitia mencapai sekitar 15 ribu orang.

"Saya sangat senang dengan antusias pengunjung dan berharap tahun depan pemerintah bisa mengemas festival lolong lebih meriah lagi supaya warga lokal dan asing merasa puas. Kedepan juga akan dipercantik untuk wisata lolong serta infraatruktur akan ditingkatkan untuk fasilitas umum." ucap Hj. Hindun Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan.

View this post on Instagram
A post shared by Radar Pekalongan (@radarpekalongan) on Feb 8, 2019 at 11:05pm PST

Tahun ini merupakan panen raya durian didaerah kabupaten pekalongan sehingga pemerintah mengemasnya dalam bentuk festival agar lebih meriah dan tertata. Durian lokal pekalongan sendiri memiliki cita rasa yang khas dan aneka macam durian.

Bupati Asip berharap "Kedepan agar varietas durian yang baru bermunculan di pekalongan, karena tanah dikabupaten pekalongan sangat cocok untuk ditanamin durian. terangnya.

View this post on Instagram
A post shared by Radar Pekalongan (@radarpekalongan) on Feb 10, 2019 at 5:57am PST

Adapun juara arak-arak an hasil bumi dan gunungan durian tingkat kecamatan yaitu jaura 1 untuk kecamatan doro, juara untuk kecamatan bojong serta juara 3 untuk kecamatan lebakbarang. Sementara itu juara durian unggulan yaitu juara 1 Durian Basin atas nama bapak basoni dari doro, juara 2 durian baron bapak yanto dari lembah abang dan juara 3 durian irfan bapak irfan dari paninggaran. Durian favorit forkompinda jatuh kepada durian udin atas nama bapak udin dari lebakbarang.

"Harapan pemerintah agar festival durian bisa menjadi wisata yang layak untuk tingkat nasional dan lebih dikenal luas oleh masyarakat indonesia serta mancanegara. Kita targetkan untuk acara festival durian ini bisa mencapai 15 ribu orang pengunjung." ujar M. Bambang Irianto, Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan. (rir)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini