Peduli Disabilitas, Smuntang99 Bantu Belasan Kursi Roda dan Kruk

Selasa 16-06-2020,17:00 WIB

BANTU - Alumni Smuntang99 saat menyerahkan alat bantu untuk penyandang disabilitas yang membutuhkan, Senin (15/6/2020).

BATANG - Slamet Raharjo (45), Warga Desa/Kecamatan Tulis ini tak menyangka bahwa ia akan mendapatkan bantuan kursi roda. Slamet menjadi salah satu dari belasan penerima bantuan kursi roda dan kruk donasi alumni SMAN 1 Batang angkatan 1999 (Smuntang99).

"Terima kasih kepada alumni Smuntang99 yang telah memberikan bantuan kursi roda. Dengan bantuan ini insyaallah ke depan mobilitas saya di rumah jadi bisa lebih terbantu," jelas lelaki yang lumpuh dan mengalami pengecilan kaki akibat kecelakaan ini, Senin (15/6/2020).

Tak hanya Slamet, bantuan kursi roda juga turut diberikan kepada para penyandang disabilitas lainnya, khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu. Total ada 10 kursi roda dan 1 kruk yang didonasikan.

Ketua RT Smuntang99, Herliyana menjelaskan jika bantuan tersebut merupakan program rutin Smuntang 99 peduli. Program kali ini memang menyasar kalangan masyarakat Disabilitas. Dengan harapan bisa membantu mereka agar bisa lebih mudah bermobilitas dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini salah satu inovasi baru mba. Biar bantuan yang kita berikan semakin bervariasi jenisnya. Dan sesuai dengan situasi dan kondisi. Kemarin pas banjir dan rob, kami berikan donasi makanan, ketika Covid-19, kami berikan donasi masker, APD dan bilik desinfektan, dan kebetulan kali ini kami ingin berbagi dengan penyandang disabilitas," jelasnya.

Ia berharap dengan bantuan ini semakin banyak orang yang saling membantu dan peduli pada penyandang disabilitas. Menurutnya, sikap tersebut juga perlu ditumbuhkan pada teman-teman Smuntang99 dan masyarakat.

"Menurut saya mendapatkan empati dari masyarkat penting karena berat sekali bagi orang-orang berkebutuhan khusus. Apalagi, mereka dalam situasi pandemi Covid19 seperti ini. Untuk itu, ayo kita tumbuhkan sikap empati kepada para penyandang disabilitas. Sehingga kita bisa bersama-sama saling berbagi dan memotivasi," imbuhnya.

Kecuali itu, dia juga berharap ke depannya Smuntang bisa memberikan bantuan dalam bentuk program lain. Dengan harapan bisa mengarahkan mereka untuk tetap produktif dan bisa melanjutkan kehidupannya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait