Puasa Menyenangkan, Gelar Bukber Puasa Sunah

Rabu 04-09-2019,14:00 WIB

*SD Muhammadiyah Paesan

KEDUNGWUNI - Berbeda dengan agenda-agenda pada umumnya, SD Muhammadiyah Paesan Kecamatan Kedungwuni menggelar rangkaian kegiatan Buka Bersama Puasa Sunah Senin-Kamis yang diikuti oleh para siswanya. Kegiatan ini dilaksanakan guna memperkenalkan siswa untuk melaksanakan ibadah sunah salah satunya Puasa Senin-Kamis.

MENDENGARKAN - Para siswa SD Muhammadiyah Paesan tengah mendengarkan ceramah sebelum berbuka bersama puasa sunah, Senin (01/09). EKA ISDITYA

Demikian diungkapkan Kepala SD Muhammadiyah Paesan, M Azam Anggoro SPd. "Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap berjalan seperti biasa. Anak-anak belajar dari jam 07.00 sampai dengan jam 14.15 sesuai jadwal tematik dan TPQ," ujar Pak Azam, sapaan karibnya. Kegiatan siswa kemudian dilanjutkan dengan istirahat atau tidur siang sampai berkumandang azan ashar.

"Setelah ashar, baru kami mulai agenda buka bersama. Dimulai dengan sholat ashar berjamaah dilanjutkan membaca Alquran secara klasikal dan individual secara bergantian. Setelah itu setoran hafalan Alquran, hadits, doa ke guru masing-masing, satu guru 5 anak. Kemudian dilanjutkan dengan kultum menjelang buka puasa setelah itu berbuka minum dan makan jajan, lalu wudhu untuk sholat maghrib berjamaah dan ditutup dengan kegiatan buka puasa makan bersama," jelas Pak Azam.

Pada umumnya, kegiatan ini dilaksanakan pada momen bulan ramadan. Namun pihaknya ingin agar para siswa SD Muhammadiyah Paesan mulai membiasakan diri atau belajar untuk melaksanakan puasa sunah Senin-Kamis.

Mengingat banyak sekali manfaat dan fadhilah ibadah ini. Dengan adanya kegiatan buka bersama pula, besar harapan anak-anak dapat melaksanakan puasa Senin-Kamis dengan menyenangkan. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait