Puskeswan Kota Pekalongan Raih Abdi Bakti Tani

Rabu 04-12-2019,11:40 WIB

PENGHARGAAN - Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi (paling kanan) bersama perwakilan dari beberapa kabupaten/kota lainnya usai menerima penghargaan Abdi Bakti Tani UPT Puskeswan Kota Pekalongan di Jakarta, belum lama ini.

KOTA - Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Hewan (UPT Puskeswan) Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan Puskeswan Kota Pekalongan berhasil meraih penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2019 sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Berprestasi Madya bersama 19 kabupaten/kota di Indonesia.

Penghargaan diserahkan oleh Kementerian Pertanian pada rangkaian upacara peringatan HUT ke-48 KORPRI di Kompleks Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (29/11).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa, Ilena Palupi mengungkapkan bahwa Puskeswan Kota Pekalongan kali pertama mengikuti penilaian Abdi Bakti Tani Tingkat Nasional di Kementerian Pertanian untuk Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi.

"Seleksi administrasi sudah dilaksanakan sejak Juli 2019, kami didampingi Bagian Organisasi Pemkot Pekalongan dan Biro Oganisasi Setda Provinsi Jawa Tengah. Setelah secara administrasi dinilai oleh tim dari kementerian, kemudian dilakukan verifikasi lokasi pelayanan pada bulan Agustus 2019, melihat kinerja pelayanan di Puskeswan Kota Pekalongan dalam mendukung program Kementan," terang Ilena.

Ilena menyebutkan, ada 11 unit kerja untuk ikut seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan 5 unit kerja yang berhasil lolos untuk maju di tingkat nasional. Salah satunya adalah Puskeswan Kota Pekalongan yang kemudian mengikuti penilaian terakhir ekpose kinerja di hadapan 15 orang juri dari seluruh Eselon I Kementerian Pertanian bersama 40 UPT se-Insonesia pada bulan September.

"Setelah dinilai juri keluar nilai dan rangking 40 peserta se-Indonesia. Pada 22 November lalu diumumkan ranking UKPP Berprestasi dengan empat kategori yakni UKPP Berprestasi Mempertahankan Piala, UKPP Berprestasi Percontohan, UKPP Berprestasi Utama, dan UKPP Berprestasi Madya," beber Ilena.

Dikatakan Ilena bahwa Puskeswan sebagai unsur pelaksana tugas teknis Dinperpa Kota Pekalongan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan kesehatan hewan. Puskeswan Kota Pekalongan yang beralamat di Jalan WR Supratman ini juga menjadi ujung tombak pelayanan pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan menular di wilayah Pekalongan dan sekitarnya.

Ilena menambahkan, Puskeswan Kota Pekalongan terus berupaya untuk meningkatkan inovasi pelayanan. Dengan penghargaan yang didapat ini harapannya dapat memacu semangat Ilena bersama medik dan Paramedik Veteriner di Dinperpa Kota Pekalongan. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait