Ramadhan, Wihaji Pastikan Stok Pangan Aman

Selasa 07-05-2019,19:01 WIB

PANTAU - Bupati Batang saat melakukan pantuan ketersediaan bahan di Pasar Batang dan Bandar, Senin (6/5). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Bupati Batang, Wihaji, memastikan stok kebutuhan pangan selama Ramadhan nanti cukup. Meski beberapa bahan naik, Wihaji memastikan pasokan kebutuhan tersebut selama Ramadhan ini aman.

"Harga beberapa komoditas memang naik, jumlahnya cukup untuk mencukupi kebutuhan selama Ramadan ini. Kalau nanti dirasa kurang, kami akan tambah pasokan, atau operasi pasar," ujar Wihaji saat sidak di Pasar Bandar, Senin (6/5).

Terkait harga bawang putih yang melonjak, rencananya akan ada petani bawang putih di Kecamatan Bawang yang akan melakukan panen. Harapannya, hasil panen bisa masuk ke pasar-pasar di Batang untuk mengontrol harga bawang putih yang melonjak.

"Oleh karena itu, kita cek Dinas Pertanian seberapa banyak panenya, barang kali bisa membantu menurunkan harga Bawang di Kabupaten Batang," imbuh Wihaji.

Dijelaskan, rencananya hasil panen raya bawang putih di Kecamatan Bawang akan dibeli pula oleh Kamar Dagang Industri (Kadin). Pembelian itu untuk mencakupi kebutuhan operasi pasar bawang putih di beberapa pasar yang ada di Jakarta.

"Kadin sudah siap membelinya untuk melakukan operasi pasar di Pasar Induk Jakarta. Kalau tidak salah ada sekitar dua ton. Nah harapannya nanti sisa panen lainnya bisa dimasukkan juga ke pasar yang ada di Batang untuk menstabilkan harga bawang putih," tutur Wihaji.

Terkait harga bahan pokok yang naik di bulan Ramadan menurutnya dirasa wajar. Tren itu biasanya akan menurun di tengah Ramadhan dan akan kembali naik menjelang lebaran. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait