Rusak, Jalan Tenogo-Wangkelang Diperbaiki

Senin 30-09-2019,16:30 WIB

DIKERJAKAN - Ruas Jalan Tenogo - Wangkelang yang sudah lama rusak dikerjakan pada tahun 2019 ini. Foto: Hadi Waluyo.

PANINGGARAN - Masyarakat Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan akhirnya bisa bernafas lega. Ruas jalan kabupaten Tenogo - Wangkelang yang melintasi desa itu akhirnya diperbaiki pada tahun 2019 ini.

Kondisi jalan di wilayah pegunungan ini sudah lama rusak. Akibatnya, akses perekonomian, pendidikan, dan kesehatan warga desa terganggu.

Berdasarkan pantauan, tumpukan material berupa split sudah tampak berada di sepanjang jalan yang rusak tersebut. Jalanan memang tidak nyaman dilalui. Sebab, aspal jalan sudah rusak sehingga yang tersisa adalah tatanan bebatuan cukup terjal.

Saat musim kemarau, warga lebih memilih mengambil lintasan di pinggir jalan yang berupa tanah kering daripada memilih badan jalan yang berupa bebatuan karena rawan slip.

Pj Kades Lambanggelun Sutopo, dikonfirmasi kemarin, menyatakan, jalan yang rusak itu adalah jalan kabupaten. Menurutnya, jalan kabupaten yang melintasi Desa Lambanggelun sepanjang 7 Km. Untuk ruas jalan yang rusak di desa itu sekitar 1 Km lebih.

"Jalan itu sudah lama rusak. Sejak tahun 2016 jalan ini masuk jalan PU (Kabupaten). Jalan ini rencananya diaspal hotmix. Sebelum masuk jalan PU, dulu sudah ditangani jalan ini dengan dana desa tapi sudah rusak lagi," terang dia.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DPU dan Taru Kabupaten Pekalongan Arif Gunawan, menerangkan, ruas jalan Tenogo-Wangkelang yang tertangani tahun ini sepanjang 1.200 meter dengan lebar 3 meter. Pelaksana kegiatan CV Putra Aji dengan nilai kontrak Rp 940.551.000. "Penanganan menggunakan aspal pabrikasi AC BC," terang dia. (ap5)

Tags :
Kategori :

Terkait