Satu Jemaah Haji Kota Pekalongan Wafat di Tanah Suci

Selasa 03-09-2019,18:00 WIB

  • 372 Jemaah Haji Telah Tiba di Pekalongan

KOTA - Sebanyak 372 dari total 373 orang jemaah haji tahun 2019 asal Kota Pekalongan yang tergabung dalam Kloter 49 dan 50 telah pulang ke tanah air dan tiba di Kota Pekalongan, Senin (2/9).

PULANG HAJI - Para jemaah haji asal Kota Pekalongan yang tergabung dalam Kloter 50 tiba di kompleks Setda Kota Pekalongan, Senin (2/9). Istimewa

Kloter 49 telah tiba di Kota Pekalongan pada Minggu (1/9) pukul 23.15 WIB, sementara Kloter 50 tiba di Kota Pekalongan pada Senin (2/9) pukul 11.00 WIB. Kedatangan rombongan jemaah haji dari Kota Pekalongan ini disambut oleh Wakil Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, jajaran Kantor Kemenag, serta perwakilan Forkompinda setempat di kompleks Setda Kota Pekalongan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh dari Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Mundakir SH, menyampaikan bahwa satu orang jemaah haji asal Kota Pekalongan wafat di tanah suci. Jemaah tersebut tergabung dalam Kloter 49, atas nama Aisyah binti Abu Bakar (72), warga Kelurahan Buaran Kradenan Gg 1, Kecamatan Pekalongan Selatan. "Almarhumah meninggal dunia pada 31 Agustus 2019 pukul 20.30 waktu Arab Saudi, karena sakit," jelasnya, kemarin.

Selain satu jemaah haji yang meninggal dunia, imbuh Mundakir, ada pula dua jemaah yang harus pulang ke tanah air lebih awal dari jadwal semestinya lantaran sakit. Kedua jemaah ini, pertama adalah Sayidi, warga Jl Pantai Sari 2, Kelurahan Panjang Baru, Pekalongan Utara. Ia terkena serangan stroke, sudah tiba di Kota Pekalongan pada 1 Agustus lalu dan langsung dirujuk ke RSUD Bendan.

Sedangkan satunya lagi, bernama Khudung, warga Setono, Pekalongan Timur. "Tadi pagi sekitar pukul 04.25 WIB beliau baru sampai di Donohudan, juga dibawa pulang ke Pekalongan lebih awal kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. Sebelumnya beliau sempat menjalani operasi usus di Arab Saudi," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, atau yang biasa disapa Aaf, mengucapkan selamat datang dan mendoakan jemaah haji Kota Pekalongan pulang ke tanah air dengan predikat haji dan hajjah yang mabrur mabrurah.

Tak lupa, Aaf juga menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya seorang jemaah haji asal Kota Pekalongan yang dimakamkan di tanah suci Mekah.

"Kami mendapatkan informasi bahwa ada jemaah haji asal Kota Pekalongan di kloter 49 yang meninggal dunia di Arab Saudi sebelum pulang ke Kota Pekalongan. Mari kita doakan semoga almarhumah husnul khotimah, ditempatkan disisi-Nya, diampuni segala dosanya dan untuk keluarga yang di tinggalkan selalu di berikan ketebahan dan kekuatan," imbuh Aaf. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait