Serunya Belajar di Rumah Bareng Abirawa

Selasa 09-06-2020,19:00 WIB

SIARAN - Salah satu guru saat mengikuti siaran pembelajaran edukatif dari Radio Abirawa. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Diskominfo Batang berkolaborasi dengan Disdikbud Batang membuat pembelajaran edukatif semasa pandemi. Memanfaatkan media Radio Abirawa FM, pelajar di Batang disuguhkan pembelajaran jarak jauh yang inovatif. Setiap Selasa, pelajar SMP sederajat di Batang bisa mendengarkan siaran langsung pembelajaran edukatif dari para guru terpilih. Seperti yang dilakukan saat siaran pertama Ayo Belajar Via Radio, Selasa (9/6/2020).

"Alhamdulillah hari ini sudah kami mulai siaran pertama program Ayo Belajar Via Radio. Program ini merupakan kolaborasi Diskominfo dan Disdikbud Batang untuk memfasilitasi pelajar Batang khususnya saat belajar di rumah di tengah pandemi. Karena saat ini pemkab belum punya media TV kami manfaatkan media radio untuk memberikan fasilitas ini," terang Kabid Informasi Komunikasi Publik Puji Setiyowati, saat diwawancarai usai kegiatan.

Dijelaskan, rencananya program ini akan berjalan selama tiga Minggu ke depan. Program ini sementara dikhususkan untuk pelajar jenjang SMP sederajat, dan dijadwalkan tiap Selasa mulai pukul 10.00-11.00 WIB. Untuk materi yang disajikan seperti PKN, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS.

"Dari Disdikbud yang menyiapkan guru dan jadwal materinya. Disdikbud juga membantu sosialisasi terkait program ini ke sekolah-sekolah. Kami harap tentunya meski media radio kurang dilirik, kami harap pelajar Batang dapat memanfaatkan siaran ini sebagai sarana belajar. Selain itu juga ada sesi tanya jawab yang bisa menjadi wadah diskusi saat acara berlangsung," imbuhnya wa.

Pihaknya ke depan juga akan melaksanakan evaluasi program ini. Jika nantinya mendapatkan respon positif, pihaknya ke depan bakal melanjutkan program siaran edukasi ini. Tak hanya untuk jenjang SMP sederajat nantinya juga bisa digarap untuk jenjang pendidikan lain.

Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono menjelaskan pihaknya sangat menyambut baik program ini. Pasalnya dengan program ini, anak-anak dapat memiliki banyak opsi belajar di rumah. Sehingga pembelajaran lebih inovatif dan tidak membosankan.

Selain itu, media radio ini menurutnya lebih terjangkau semua kalangan. Sehingga siswa yang ada di pelosok Batang pun tetap bisa menikmati siaran radio ini.

"Kami sudah siapkan guru untuk memberikan materi di setiap siarannya. Kami senang karena dengan pembelajaran via radio ini pelajar punya banyak opsi belajar. Dan dengan radio ini cakupannya bisa lebih menyeluruh, dan harapannya anak-anak bisa memanfaatkan pembelajaran ini dengan baik," harapnya. (Nov)

Tags :
Kategori :

Terkait