Ujian Kejar Paket A, B dan C Dikirim Via Group WA

Selasa 31-03-2020,15:25 WIB

*Jawaban Ujian dari Peserta Dikirim Lewat Google Form

UJIAN SEKOLAN - PKBM Bina Warga Pegandon laksanakan ujian sekolah online untuk peserta paket A, B dan C.

KENDAL - Ujian sekolah (US) online pendidikan kesetaraan program paket A, B dan C tahun pelajaran 2019/2020, serentak dimulai, pada 30 Maret 2020. Lamanya ujian tiap paket tidak sama. Hal itu seperti ujian sekolah di PKBM Bina Warga Pegandon, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Soal ujian sekolah di PKBM untuk semua program paket dikirimkan ke peserta ujian melalui group whatapp (WA). Jawaban ujian yang sudah dikerjakan oleh peserta dikirimkan online melalui google form. Pelaksanaan ujian tersebut mendapatkan monitoring dan evaluasi (monev) dari koordinator wilayah kecamatan (Korwilcam) setempat.

Ketua PKBM Bina Warga Pegandon, Maftukhin mengatakan, jumlah peserta ujian sekolah program kejar paket A, B dan C sebanyak 102. Dengan rincian, kejar paket C sebanyak 75 peserta, kejar paket B sebanyak 24 peserta dan kejar paket A sebanyak 3 peserta. Kendati awal mulaianya sama, namun lama pelaksanaan ujian sekolah ketiga paket tersebut berbeda-beda.

"Ujian paket A digelar tiga hari dan berakhir tanggal 1 April 2020. Sedang ujian sekolah kejar paket B digelar empat hari dan berakhir tanggal 2 April 2020. Untuk ujian paket C digelar lima hari dan berakhit tanggal 3 April 2020," katanya.

Maftukhin mengungkapkan, bahwa mata pelajaran ujian sekolah paket A atau kelas VI itu adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan (ujian hari pertama), Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (ujian hari kedua), dan Matematika dan Pendidikan Agama Islam (ujian hari ketiga).

"Waktu ujian setiap harinya untuk kejar paket A mata pelajaran pertama dimulai pukul 13.00-14.30 dan mata pelajaran kedua dimulai pukul 15.00-17.00 WIB," ungkapnya.

Lanjut Maftukhin menjelaskan, untuk mata pelajaran ujian sekolah kejar paket B atau kelas IX yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Soial, Matematika, Pendidikan Agama Islam, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pelaksanaan selama empat hari. Kecuali hari terakhir, tiap harinya terbagi empat sesi dengan dua mata pelajaran. Seperti ujian hari pertama, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan.

"Ujian hari kedua yaitu Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Sosial, ujian hari ketiga adalah Matematika dan Pendidikan Agama Islam. ujian hari terakhir atau keempat adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam," ungkapnya.

Diterangkan, untuk ujian paket C atau kelas XII selama lima hari. Ujian mata pelajaran untuk paket tersebut, selain Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Matematika, dan Pendidikan Agama Islam, juga masih ditambah dengan empat mata pelajaran lainya, yaitu Sosiologi, Geopgrafi, Ekonomi dan Sejarah.

Untuk ujian hari pertama hingga hari keempat, tiap harinya ada empat sesi dengan dua mata pelajaran ujian. Sedangkan ujian hari kelima atau terakhir hanya dua sesi dan satu mata pelajaran.

"Peserta ujian kejar paket mengerjakan dari rumah. Soal ujian kami kirim via group WA. Mereka bisa kerjakan soal ujian sambil bekerja di rumah ini harapanya nilaianya bisa lebih bagus. Kalau ada yang nilainya kurang dari 5 maka akan diikutkan remidi atau ujian mengulang," pungkasnya. (lid)

Tags :
Kategori :

Terkait