Silat Pagar Nusa, Lestarikan Seni Bela Diri

Selasa 03-12-2019,14:35 WIB

*MI Salafiyah Ngalian

LATIHAN - Para siswa MI Salafiyah Ngalian tengah melakukan latihan ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa.

TIRTO - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Ngalian Tirto memiliki kegiatan ekstrakurikuler baru yang ditujukan kepada seluruh siswanya. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut berfokus pada kegiatan olahraga seni bela diri yaitu Pencak Silat Pagar Nusa.

Kepala MI Salafiyah Ngalian, Ella Maryana MPd, menuturkan tidak hanya memberikan pembelajaran kepada siswa pada bidang akademik saja, pihaknya juga berupaya mewadahi minat bakat dan potensi siswa melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler. "Alhamdulillah kebetulan kami punya kegiatan ekstrakurikuler baru yaitu Pencak Silat Pagar Nusa yang bisa diikuti oleh siswa kelas I sampai dengan kelas VI," ujar dia.

Setiap satu minggu sekali, yakni hari Jumat sore, para siswa melaksanakan latihan dengan dibimbing oleh pelatih, Ahmad Slamet yang juga sekaligus merupakan pengajar di MI Salafiyah Ngalian.

"Kami memilih mengadakan kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat ini, karena banyai siswa yang berminat mengikuti kegiatan. Selain itu kami juga ingin melestarikam kebudayaan seni bela asli Indonesia ini," imbuh perempuan yang akrab disapa Bu Ella ini.

Tak hanya itu, menurutnya dengan memberikan pelatihan seni bela diri para siswa juga diajak agar menjadi lebih terampil dan percaya diri. "Manfaat dari latihan bela diri ini banyak sekali, selain untuk manfaat kesehatan, melestarikam budaya, juga persiapan ketika nantinya ada kompetisi atau lomba. Sehingga anak-anak MI Salafiyah Ngalian ini siap untuk maju," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait