Upgrade Upaya Pengelolaan Limbah

Rabu 18-12-2019,15:00 WIB

*AAK Pekalongan

PRAKTIK - Praktikum perkuliahan mahasiswa semester I Program Analis Keuangan AAK Pekalongan, Senin (16/12).

KOTA - Mahasiswa semester I Program Studi Analis Kesehatan Akademi Analis Kesehatan (AAK) Pekalongan melakukan kunjungan lapangan di lokasi Pengelolaan Limbah Kota Pekalongan tepatnya di Kelurahan Banyurip Kecamatan Pekalongan Barat.

Kegiatan tersebut didampingi oleh salah seorang dosen pengampu mata kuliah, Suparyati. Ia menerangkan bahwa kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka guna memenuhi mata kuliah Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Patient Safety pada masa perkuliahan semester I.

"Kegiatan ini dalam rangka praktikum mata kuliah semester I yaitu K3 dan Patient Safety, yang didalamnya ada materi tentang pengelolaan limbah," ujar dia. Para mahasiswa diajak untuk mengunjungi dan mengamati secara langsung proses pengelolaan limbah yang ada di Kelurahan Banyurip.

Hadirnya industri di tengah-tengah masyarakat jelas memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Mulai dari sumbangan potensial bagi perekonomian sekitar dengan ketersedian lapangan kerja, sampai dengan sumbangan terhadap perekonemian negara melalui barang produk dan jasa yang dihasilkan. Seperti diketahui Pekalongan menjadi salah satu pusat produksi batik dengan beragam hasil produk yang telah tersebar di berbagai tempat. Namun di sisi lain, perkembangan industri yang pesat juga berpotensi membawa dampak negatif terhadap lingkungan, salah satunya limbah batik.

Dengan adanya kegiatan kunjungan secara langsung, harapannya mahasiswa dapat mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk meminimalisir limbah buangan industri dan upaya pengendalian serta pengolahan limbah industri sudah mulai diterapkan. Melalui sistem pengolahan limbah yang terorganisir, maka peluang sebuah industri untuk berkembang pun semakin besar. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait