Angkat Potensi Desa dengan Jajanan Kliwonan

Sabtu 07-12-2019,12:55 WIB

SERU - Pasar Jajanan Tradisional yang digelar di Desa Masin, Kecamatan Warungasem, berlangsung sangat meriah dan menarik warga dari berbagai desa untuk jajan, Jumat (6/12).

BATANG - Memiliki potensi ekonomi yang ingin dikembangkan, masyarakat Desa Masin, Kecamatan Warungasem, menggelar even Pasar Jajanan Tradisional Mahasin.

Acara pasar jajanan tradisional tersebut digelar setiap hari Jumat Kliwon dalam penanggalan Jawa, yang berlokasi di lapangan desa, tepatnya di halaman makam Syekh Tholabuddin Masin, Jumat pagi (6/12).

Berbagai jajanan kuliner dari zaman dulu hingga kuliner kekinian dari beberapa rumah makan maupun restoran di sekitar desa setempat dan Warungasem yang lebih luas turut hadir di pasar tersebut.

Onde-onde yang digoreng langsung, anake jenis kolak, krupuk, botok telur, getuk, anek abatik, daster, nasi megono, kuluban botok, hingga yang paling khas aneka produk dari kulit khas Desa Masin juga turut dijual.

Yang bikin suasana semakin ramai, ibu-ibu Muslimat setelah mengaji di makam turut bergabung belanja di pasar jajanan.

Ternyata tidak hanya produk makanan dan minuman yang dihadirkan. Ada beberapa penghobi Satwa Indra, yang memiliki hewan- hewan peliharaan unik, dari ular, musang dan berbagai macam jenis lain juga dipamerkan untuk memeriahkan pasar. Pengunjung juga bisa berfoto dengan hewan-hewan peliharaan tersebut.

Agar lebih menarik, di ujung lapangan juga disediakan bangun kuburan yang menampilkan musik angklung dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional maupun lagu-lagu dangdut kekinian.

Sampai dengan yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung adalah pengundian doorprize yang sudah disediakan panitia. Di atas panggung, terlihat ada puluhan hadiah menarik yang siap dibagi kepada pengunjung. Agar dapat Kupon saat mereka masuk dan harus mengisi daftar hadir.

"Kebetulan ini kegiatan kami yang kedua, dan insya Allah akan selalu kami gelar tiap Jumat Kliwon dan berlokasi di lapangan setelah berhasil ini," ucap salah satu Panitia Acara Pasar Jajanan Tradisional Mahasin, Zahron.

Saat dikonfirmasi, panitia mendapatkan banyak dana dari sponsor luar, sehingga bisa sewa tenda, hiburan serta doorprize. Dukungan pendanaan itu berasal dari sponsor pihak swasta yang melekat dan akan mendukung acara terus.

Selain itu, juga ada sponsor-sponsor khusus yang tidak melekat. "Ini menjadi harapan kami ke depan bahwa pasar jajanan terdekat di sini terus ada, sehingga ekonomi masyarakat di Masin juga lebih baik ke depannya," pungkasnya. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait