Antisipasi Kebakaran, Patroli Hutan Digiatkan

Selasa 24-09-2019,17:25 WIB

PATROLI - Petugas BKPH Paninggaran dan Polsek Paninggaran melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan, kemarin.

PANINGGARAN - Guna mengantisipasi kebakaran hutan saat musim kemarau panjang, BKPH Paninggaran bersama Polsek dan Koramil Paninggaran menggiatkan patroli pencegahan kebakaran hutan. Selain itu, setiap hari ada petugas yang disiagakan di posko untuk piket pemantauan kebakaran hutan.

Demikian disampaikan Asper BKPH Paninggaran, KPH Pekalongan Timur, Suyanto, disela-sela patroli pencegahan kebakaran hutan bersama jajaran Polsek Paninggaran, Senin (23/9).

Dikatakan, di wilayah BKPH Paninggaran titik-titik rawan kebakaran di antaranya di sekitar Desa Lambanggelun, Sitatah, dan Desa Tenogo. Pasalnya di lokasi itu terdapat hutan pinus yang sudah tua, sehingga seresahnya banyak.

Untuk antisipasi kebakaran hutan, lanjut dia, pihaknya bersama dengan Polsek dan Koramil Paninggaran rutin melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan. "Seperti saat ini kami melakukan patroli dengan anggota Polsek," terang dia.

Selain patroli bersama, pihaknya juga mensiagakan petugas di posko yang berada di kantor BKPH Paninggaran setiap harinya. "Setiap hari ada petugas piket yang siaga di posko di kantor BKPH Paninggaran," ujar dia.

Dalam patroli itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar hutan. Dalam kegiatan-kegiatan di desa, dari Polsek atau Koramil juga memberikan imbauan-imbauan untuk mengantisipasi kebakaran hutan.

"Dalam penyuluhan ini kami mengimbau jangan sampai masyarakat membakar kotoran atau sampah di dekat hutan. Kepada masyarakat atau petani di sekitar hutan yang memiliki akses setiap hari ke hutan untuk bersama-sama mewaspadai kebakaran hutan. Jika ada titip api sekecil apapun untuk segera lapor," katanya.

Pihaknya juga menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk selalu mengantisipasi kebakaran hutan. "Di samping memberikan informasi, mereka juga terjun langsung bersama kami jika ada kebakaran hutan," katanya.

'

Seperti diberitakan, diduga gara-gara ulah perokok yang membuang puntung rokok sembarang di seresah hutan, hutan pinus seluas 2 hektare di Petak 62a RPH Paninggaran, BKPH Paninggaran, KPH Pekalongan Timur di Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, terbakar, Minggu (22/9) pagi. (ap5)

Tags :
Kategori :

Terkait