Asip Kholbihi Resmi akan Maju Lagi

Jumat 27-12-2019,10:09 WIB

**Dideklarasikan PKB, Soal Wabup Diserahkan DPP

Asip Kholbihi.

KAJEN - Peta politik Pilkada 2020 di Kabupaten Pekalongan mulai menghangat. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dipastikan akan melaju kembali di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Asip Kholbihi dideklarasikan oleh DPC PKB Kabupaten Pekalongan sebagai bakal calon Bupati Pekalongan pada Pilkada 2020. Namun, untuk posisi balon Wakil Bupati, kebijakannya diserahkan ke DPP PKB melalui DPW PKB Jateng.

"Dari awal sebetulnya kita tidak harus yang namanya deklarasi kan ndak. Di Kabupaten Pekalongan, PKB dilahirkan oleh NU. Saat silaturahmi di bulan puasa, pak Muslich dan jajarannya sudah minta PKB untuk Pak Asip dipilih kembali," ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan Bisri Romly ditemui di Kajen, Kamis (26/12) siang.

Disebutkan, pada tanggal 7 Desember 2019, Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj saat menghadiri Haul KH Amir Idris ke-82 di Kabupaten Pekalongan juga menekankan agar Asip Kholbihi bisa menang dalam Pilkada ke depan. "Kemudian semua PAC kumpul ya sunatullah lah hampir 90 persen sepakat untuk pak Asip. Lha kita sampaikan kepada Gus Yusuf. Gus Yusuf menyatakan untuk bupati saya sebagai Ketua DPW kita boleh lah deklarasi. Untuk nantinya semua urusan DPP langsung," ujar Bisri.

Disinggung soal nama balon Wakil Bupati yang akan diusung untuk mendampingi Asip, Bisri menyatakan keputusan nama calon Wakil Bupati diserahkan ke DPW. "Dan biasanya semua partai itu top down lho. Tidak ada bottom up sekarang. Lha tentunya untuk posisi wakil kita serahkan ke DPP PKB lewat DPW PKB," ujar dia.

Ditanya apakah DPC PKB juga mengusulkan nama untuk posisi wakil, Bisri menyatakan sebelum ada instruksi DPC PKB tidak menyetorkan nama calon Wakil Bupati.

"Saya itu khawatir misalnya saya buka Wakil Bupati ternyata ndak dipakai semua. Orang lain yang masuk. Biasanya penelitian DPP itu tidak sama dengan penelitian kita. Yang penting NU-PKB kemarin sangat spektakuler. Rois Syuriah hadir sendiri, Khatib Syuriah datang sendiri, Ketua Tanfidz datang sendiri, sekretaris, bendahara NU, komplit lah," kata dia.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PKB HM Nasron mengapresiasi DPC PKB yang telah mendeklarasikan diri untuk mengusung Asip Kholbihi sebagai balon Bupati pada Pilkada 2020. Nasron menyatakan, selama menjabat sebagai Bupati Pekalongan, prestasi Asip Kholbihi sangat luar biasa.

"Bagi saya sendiri yang mewakili daerah atas ini kan memang luar biasa. Pembangunan infrastruktur yang slogane jalane alus, rezekine mulus ini kan sudah terbukti," kata dia.

Oleh kerana itu, ujar dia, DPC PKB mengusung kembali Asip pada Pilkada 2020 sudah tepat. "Tinggal nanti mengusung wakilnya siapa. PKB sendiri kan mampu mengusung dua-duanya (calon Bupati dan Wakil Bupati) tapi mungkin nanti ya akan koalisi dengan siapa. Tapi itu urusannya DPW dan DPP. Kita hanya sami'na wa atho'na," ujar Nasron. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait