Asyik, Berlatih Melukis Teknik Usap Abur

Jumat 29-03-2019,10:05 WIB

*TK Muslimat NU Tanjung

TIRTO - Para siswa dan guru Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU Tanjung Kecamatan Tirto antusias mengikuti pelatihan melukis dengan teknik usap abur. Kegiatan dilangsungkan di TK Muslimat NU Tanjung, Rabu (27/03).

MENDENGARKAN - Para siswa dan guru TK Muslimat Tanjung tengah mendengarkan pengarahan tentang teknik melukis dengan teknik usap abur, Rabu (27/03). EKA ISDITYA

Demikian dijelaskan Kepala TK Muslimat NU Tanjung, Endang Puji Hartati SPd AUD, kepada Radar Pekalongan, Kamis (28/03). Dalam kegiatan yang diisi oleh Kantor Kesenian Semarang Jawa Tengah tersebut, turut disambut dengan penuh semangat oleh para siswa. "Sebenarnya ini juga sebagai salah satu bentuk penawaran, tapi kami juga memanfaatkan untuk mengambil ilmu teknik melukis ini," ujarnya.

Bukan teknik lukis biasa menggunakan pensil warna atau cat air, melainkan menggunakan crayon unik. "Menggunakan crayon, tapi bukan crayon biasa," tutur perempuan yang akrab disapa Bu Endang ini.

Jenis teknik lukis yang digunakan ialah teknik lukis usap abur. Dengan teknik tersebut, akan menghasilkan hasil karya lukis dengan efek blur.

Kegiatan melukis dengan teknik mengusap tersebut adalah suatu teknik yang cukup unik. Selain dapat menambah keterampilan, juga menambah variasi aktivitas menggambar yang bisa dilakukan oleh para siswa.

"Alhamdulillah tadi diajari bagaimana teknik melukis dengan usap abur ini. Sementara tadi yang praktik ibu gurunya dulu. Nanti praktiknya disalurkan kepada anak-anak," imbuh Bu Endang.

Selain sebagai variasi kegiatan pembelajaran siswa, penerapan teknik melukis dengan usap abur ini juga dapat melatih fungsi motorik halus anak. Para siswa mampu mengasah keterampilannya dalam seni olah tangan melalui hasil karya dua dimensi. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait