Bangga, MTs Muhammadiyah Batang Berprestasi di Kontes Robot Nasional

Rabu 20-11-2019,13:20 WIB

*Satu-satunya Peserta dari Madrasah Swasta

JUARA - MTs Muhammadiyah Batang berhasil menjadi juara 3 dalam Kompetisi Nasional Robotik Madrasah Tahun 2019 Kemenag RI.

BATANG - Di momen Milad Muhammadiyah ke-107, MTs Muhammadiyah Batang memberikan kado istimewa. Mewakili Jateng, MTs Muhammadiyah Batang berhasil menggondol prestasi di Kompetisi Nasional Robotik Madrasah Tahun 2019 yang digelar Kemenag RI, 16-17 November di Surabaya.

Dalam kompetisi itu, MTs Muhammadiyah Batang meraih juara 3 tingkat MTs kategori Mobile Pemilah Sampah dengan Kriteria Desain. MTs Muhammadiyah Batang sendiri diwakili oleh Yahya Husni Aviceina dan Ziyaddin Zadittaqwa Al Faruq. Dalam even nasional tersebut, Kemenag Kanwil Jateng mengirimkan enam MTs, dan MTs Muhammadiyah Batang menjadi satu-satunya madrasah swasta dan satu-satunya yang berprestasi di tingkat nasional.

"Alhamdulillah, di kompetisi kali ini kami bisa meraih prestasi. Meski sempat panik lantaran memang materinya berbeda dengan kisi-kisi yang sebelumnya dibagikan. Dan peserta di sana benar-benar dikarantina sendiri tanpa ada arahan dari pelatih dan pendamping. Sehingga benar-benar mengeksplorasi kemampuan anak sendiri," terang Kepala MTs Muhammadiyah Batang, M Akhirudin SPd didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Rizqi Fithriyana SPd, Selasa (19/11).

Dijelaskan, keberhasilan tersebut merupakan buah kerja keras peserta. Sebelumnya peserta memang dipilih dari perwakilan terbaik di madrasah. Di bawah ekskul robotik asuhan Imron Rosyadi ST, peserta intens melakukan latihan rutin. Sebelumnya pun peserta sudah lolos babak penyisihan dari ratusan peserta se Indonesia.

"Sebelumnya kami mengikuti seleksi berkas terlebih dulu. Ada sekitar 300 lebih madrasah dari tingkat MI hingga MA yang ikut dan kemudian hanya dipilih beberapa perwakilan ke tingkat nasional. Di tingkat Jateng ada enam madrasah yang mengikuti lomba ini, dan kami satu-satunya juga yang berstatus sebagai madrasah swasta. Dan Alhamdulillah di tingkat MTs kami menjadi satu-satunya perwakilan Jateng yang menggondol prestasi," imbuhnya.

Dalam kompetisi kali ini, Tim MTs Muhammadiyah Batang berhasil membuat mobile pemisah sampah. Karya tersebut berhasil menyabet juara 3 dari segi desainnya, dengan nilai total 100 poin.

"Di MTs sendiri ada dua kategori, yakni mobile pemilah sampah dan mobile rancang bangun. Dan di tiap kategorinya ada beberapa kriteria, yakni algoritma, poin game, dan desain. Kami harap dengan prestasi ini dapat memacu eksistensi dunia robotik di MTs Muhammadiyah dan juga robotik di Kabupaten Batang. Dan anak Batang juga mampu bersaing di tingkat Nasional di bidang Robotik," tandasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait