Musim Pancaroba, Awas Berbagai Penyakit

Selasa 10-12-2019,16:15 WIB

WASPADA - Memasuki peralihan musim pancaroba, masyarakat agar senantiasa mewaspadai berbagai jenis penyakit.

KAJEN - Memasuki peralihan musim pancaroba, masyarakat agar senantiasa mewaspadai, berbagai jenis penyakit. Sebab musim pancaroba rawan akan berbagai serangan penyakit. Jenis penyakit yang dapat ditimbulkan dianyatanya diare, DBD, influenza, demam dan lainnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro. Kata dia, pada musim pancaroba, tubuh dipaksa dengan cepat menyesuaikan terhadap perubahan musim. "Karena itu disebabkan, sistem kekebalan tubuh seiring dengan perubahan musim," katanya.

Seperti penyebab penyakit diare, lanjut dia, dapat terjadi akibat pola hidup yang kurang bersih dan lingkungan kotor, terutama ketika musim hujan.

"Sehingga, perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting untuk diterapkan dalam rangka mencegah timbulnya berbagai penyakit," lanjutnya.

Sementara DBD, salah satunya dapat terjadi akibat genangan air setelah hujan. Sehingga masyarakat diharapkan, segera membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi lokasi berkembangbiaknya nyamuk.

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena, hal tersebut adalah salah satu cara mencegah timbulnya berbagai penyakit pada perubahan musim," pesannya. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait