Batik Pekalongan Harus Terus Dikembangkan agar Bisa Mendunia

Minggu 15-09-2019,21:47 WIB

KAJEN - Kajen Batik Carnival 2019 yang dipadukan dengan Pekan Raya Kajen (PRk) 2019 begitu menawan, indah, eksotis dan penuh karya warna. Sebanyak 71 Peserta menampilkan karya batik terbaiknya di Kajen Batik Carnival yang bertempat di Jalan Mandurorejo Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Minggu (15/9/2019).

Dalam Kajen Batik Carnival 2019 keluar sebagai juara pertama untuk kategori SMP yakni SMPN 2 Kajen, juara kedua diraih SMPN 1 Tirto, dan juara ketiga ditraih SMPN 1 Siwalan. Sedang untuk kategori SMA Juara Pertama diraih oleh SMK Muhamadiyah Kesesi, juara kedua diraih SMK Karangdadap dan juara ketiga yakni SMAN 1 Bojong. Untuk kategori umum keluar sebagai pemenang yakni Batik AAC, juara kedua Batik Sohor, dan juara ketiga yakni Batang Pose Carnival. Untuk juara favorit diraih diraih oleh SMPN 1 Karanganyar.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj. Hindun begitu menikmati penampilan dari seluruh peserta Kajen Batik Carnival 2019. Penampilan mereka dianggap sangat baik, dari semua kategori baik itu SMP, SMA dan umum.

"Mereka antusias sekali mengikuti Kajen Batik Carnival 2019 ini, karyanya begitu mempesona dan luar biasa indah," ucapnya.

Batik ini harus diteruskan dan diangkat lagi agar budaya yang sudah dimiliki dan ada di Kabupaten Pekalongan semakin mendunia. Tidak hanya lokal saja, tetapi menjadi kebanggaan karena merupakan warisan budaya dunia yang perlu dilestarikan.

"Mudah-mudahan batik semakin dicintai, dan anak-anak yang merupakan generasi penerus bisa lebih mencintai budaya yang sudah ada turun temurun pada anak cucu kita," harap Hj Hindun. (rifki/radarpekalonganonline)

Tags :
Kategori :

Terkait