Belajar di Rumah Bisa Melalui TV

Selasa 14-04-2020,16:40 WIB

Drs Sabar Mulyono

Kepala Bidang Dikdas Disdikbud Batang

BATANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang mengimbau masyarakat untuk bisa menggunakan media TV untuk belajar di rumah. Pasalnya mulai Senin Kemdikbud telah bekerjasama sama dengan stasiun TVRI menghadirkan program belajar untuk anak. Tak hanya untuk anak, program belajar juga disediakan untuk parenting.

"Jadi mulai hari ini masyarakat bisa memanfaatkan TV sebagai sarana pembelajaran. Tentunya ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki koneksi internet. Sehingga proses pembelajaran bisa lebih mudah dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat," terang Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono saat diwawancarai, Senin (13/4/2020).

Menurutnya penggunaan TV ini bisa meminimalisir keluhan orang tua terkait pembelian kuota. Sehingga bisa lebih hemat dalam proses belajar di rumah. Selain itu juga sinyal TV bisa lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Baik yang ada di kota maupun yang ada di pedalaman.

Dijelaskan, materi belajar di TV tersebut dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan. Untuk jenjang paud mulai pukul 08.00 - 08.30 WIB, kelas 1-3 mulai pukul 08.30 - 09.00, kelas 4-6 mulai pukul 10.00 - 10.30 WIB. Kemudian untuk jenjang SMP mulai pukul 10.30 - 11.00 WIB, jenjang SMA mulai pukul 14.00 - 14.30 WIB dan untuk kelas parenting mulai 14.30 - 15.00 WIB.

Untuk memastikan proses belajar di rumah lancar pihaknya juga mendapatkan laporan rutin dari guru melalui wali murid. Sehingga anak bisa belajar juga dengan pantaun atau didampingi orang tua. "Kami sudah koordinasikan dengan Kepala Sekolah dan guru terkait tugas belajar di rumah melalui media TV ini. Semoga lebih memudahkan siswa dan wali murid dalam menjalani program belajar di rumah," harap Sabar. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait