Belajar di Rumah, Bangun Kedekatan Anak dan Ortu

Sabtu 09-05-2020,12:00 WIB

DAMPINGI - Salah satu orang tua siswa PAUD Terpadu Ibunda Gringsing saat mendampingi anak belajar.

BATANG - Belajar di Rumah menjadi momen baru yang dialami oleh anak-anak di Indonesia di tengah pandemi ini. Belajar di rumah juga memiliki beberapa nilai plus. Tak hanya untuk mencegah penuaan Covid-19, program ini juga bisa menambah kedekatan anak dan orang tua.

Oleh karenanya, diharapkan orang tua bisa mengambil sikap saat anak menjalani program di rumah. Sebisa mungkin ortu berbagi peran untuk bisa mengisi kegiatan belajar di rumah anak dengan kegiatan positif dan edukatif.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Paud Terpadu Ibunda Gringsing Batang, Etika Umi Romlah saat diwawancarai, Radar Pekalongan, Jumat (8/5/2020). Pasalnya selama belajar di rumah, orang tua bisa memanfaatkan quality time dengan buah hati. Sehingga turut membantu menjalin chemistry antar keduanya.

"Jadi kalau sebelumnya mereka belum dekat, momen belajar di rumah ini bisa saling mendekatkan hubungan keduanya. Tentunya ini baik untuk perkembangan anak. Karena nantinya orang tua menjadi salah satu figur kuat yang mereka ingat dan telah membimbing mereka dan mendidik mereka. Dan dapat meningkatkan hubungan emosional pula antar keduanya. Jadi sayang sekali jika momen ini tak dimanfaatkan orang tua untuk mendampingi anak belajar," jelasnya.

Sebenarnya untuk kegiatan di rumah ini juga perlu adanya stimulasi atau rencana kegiatan dari sekolah. Sehingga ketika di rumah orang tua hanya perlu mengembangkan dan menyesuaikan rencana belajar tersebut.

"Sebenarnya dari sekolah tetap harus mensuplai materi pembelajaran. Sehingga ketika mendampingi anak orang tua tidak kehabisan ide. Dan sebisa mungkin pembelajarannya pun tidak terlalu berat. Karena tidak semua orang tua punya kemampuan Pedagogik yang baik seperti guru. Namun di saat ini pula bisa menjadi awal bagi mereka untuk belajar hal tersebut, sehingga bisa memudahkan ketika membimbing anak mereka belajar ke depannya," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait