BUMDes Harus Mampu Tambah PAD

Selasa 16-06-2020,17:20 WIB

BUMDES - Pengurus Bumdes Jagung Raya Mandiri Desa Jagung Kecamatan Kesesi dilantik.

KEBERADAAN Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Itu bisa terjadi apabila dikelola dengan sebaik baiknya. Demikian dikatakan Sekcam Kesesi, Argo Yudha Ismoyo dalam pelantikan pengurus Bumdes di Desa Jagung Kecamatan Kesesi, Senin (15/06/2020).

"Masing masing Desa memiliki potensi yang berbeda beda dan apabila dikelola oleh Bumdes dengan baik maka akan berkembang pesat. Adapun pengelolaan yang menghasilkan tersebut ke kas desa," ungkap Argo.

Menurutnya, selain Desa Jagung ada beberapa Desa yang sudah memiliki Bumdes, diantaranya seperti Desa Watu Gajah, Desa Krandon, Desa Kesesi, Brondong. Melalui Bumdes lanjut dia Pemerintah bisa menyertakan modal untuk penambahan atau pengembangan usaha. "Desa bisa menganggarkan untuk penyertaan modal Bumdes sehingga lebih mudah," katanya.

Sementara Kepala Desa Jagung, Kesesi Ade Fernando Binarluhur Budi menambahkan bahwa meski Bumdes Jagung Raya Mandiri baru terbentuk, namun saat ini sudah memiliki aset untuk bisa dikelola. Seperti Juni 2020 ini mendapat Bantuan Pamsimas, kemudian normalisasi DAK air bersih, sewa ruko, alat pertanian dan lainya.

"Semoga keberadaan Bumdes ini bisa menambah PAD yang maksimal sehingga Desa akan lebih maju," harapnya. Adapun dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Pendamping Desa, Lembaga, tokoh masyarakat setempat. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait