Bupati dan Kapolres Minta Pilkades Serantak Berjalan Beradab dan Bermartabat

Selasa 10-09-2019,20:00 WIB

Menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak yang berlangsung 29 September mendatang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Batang gencar menggelar Road Show silaturahmi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Batang saat memberikan pengarahan dihafapan Cakades, panitia Pilkades dan masyarakat. (Dok istimewa)

Bupati Batang Wihaji mengatakan sangat apresiasi Kapolres Batang yang menginisiasi membangun Kamtibmas di wilayah hukum Polres Batang. Kapolres juga dinilai memiliki rasa memiliki yang tinggi terhadap Kabupaten Batang agar tetap aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pilkades di 206 desa.

"Kepedulian Kapolres menjaga Batang sangat luar biasa, yang mau cape - cape silaturahmi ke desa - desa hanya menginginkan Pilkades yang beradab dan bermartabat tanpa mony politik," ungkap Bupati Wihaji saat silaturahmi Kamtibmas di Mulia Resto Tulis, Selasa (10/9/2019).

Oleh karena itu, Bupati Wihaji mengajak agar semangat Kapolres itu disengkuyung bersama, dengan me libatkan semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen untuk berkomitmen menciptakan situasi yang aman, kondusif. Dengan begitu, Pilkades akan terlaksnakan pilkades dengan beradab dan bermartabat.

"Harapan saya pilkades serentak ini menyenangkan dan tanpa money politik, demi untuk kemaslahatan desa. Jadikan demokrasi pilkades yang menggembirakan bagi warganya," harap Bupati Wihaji.

Bupati juga meminta desa yang akan melaksnakan Pilkades untuk meniru Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, karena telah berhasil menggelar Pilkades tanpa mony politik.

Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengatakan, Pilkades serentak merupakan hajat bersama. Oleh karena itu, harus ada kepedulian untuk mensukseskanya, agat berjalan beradab dan bermatabat dan tanpa mony politik.

"Ikuti proses sesuai regulasi, silahkan berkompetisi tapi hindari aksi provokatif dan intimidasi dengan menggunakan aksi masa. Dan jangan menyerang dengan isu -isu yang dipaksakan," jelas AKBP Edi S Sinulingga.

Kapolres juga mengingatkan agar calon kepala desa melakukan pendekataan pada masyarakat dengan mengkampanyekan program visi misinya. Selain itu juga tetap bersilaturahami dan jangan ada aksi mobiliasi masa serta intimidasi.

Road show silaturahmi kamtibmas Forkopimda sudah dilaksnakan di 8 kecamatan yakni, Batang, Warungasem, Subah, Pecalungan, Banyuputih, Limpung, Tulis dan Kandeman. Kegiatan tersebut juga mengjadirkan sema calon kepala desa, Panitia Pilkadea dan tokoh masyarakat. (red/hmb)

Tags :
Kategori :

Terkait