Di Tengah Pandemi, KONI Pantau Latihan Atlet Lewat Video

Kamis 02-07-2020,15:45 WIB

KOTA - Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan, menjadi salah satu narasumber dalam webinar nasional dengan tajuk Diskusi Olahraga dan Prestasi (Dorpres) yang digelar Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), Selasa (30/6/2020) malam. Maretan mendapatkan porsi berbicara dengan tema 'Menjaga Semangat Prestasi Olahraga di Era New Normal'.

Berbicara selama satu jam, Maretan memaparkan berbagai upaya KONI dalam menjaga semangat dan kondisi atlet di bawah 34 cabor agar tetap dalam kondisi prima. Salah satunya dengan cara rutin memantau latihan melalui video yang dikirimkan masing-masing cabor. "KONI memiliki program sendiri. Melalui cabor, kami minta atlet tetap diawasi setiap hari bagaimana latihannya. Atlet diminta mengirimkan kegiatan latihan dalam bentuk video," tuturnya.

Menurut Maretan hal itu sangat penting. Jangan sampai atlet tidak melakukan kegiatan latihan dengan alasan pandemi Covid-19. "Stamina dan kondisi tubuh harus tetap dijaga. Karena bagaimanapun olahraga tidak bisa berhenti. Karena akan sulit memulainya lagi maupun mencapai kondisi prima kembali," tambahnya.

Namun setelah kondisi kembali normal, KONI juga akan segera membuat program pemantauan langsung ke lokasi latihan masing-masing cabor. "Ini akan menjadi program selanjutnya dari KONI sehingga pembinaan akan terus berkelanjutan. Kami akan membagi tim untuk melakuka pantauan langsung ke lapangan," kata Maretan.

Pantauan langsung juga menjadi hal yang penting agar pengurus bisa mengetahui secara langsung sistem latihan atlet dan kondisi masing-masing cabang olahraga. Selain itu, dengan hadir langsung dan berkomunikasi dengan para atlet maka mereka juga merasa mendapatkan perhatian dari KONI sehingga semangatnya juga akan selalu terjaga.

Menurut Maretan, program webinar yakni semninar virtual merupakan salah satu upaya yang baik dalam rangka terus menjaga semangat dari insan olahraga. Untuk itu dirinya juga berencana akan melakukan kegiatan serupa yang dikhususkan untuk atlet, pengurus cabor, pelatih dan insan olahraga di Kota Pekalongan.

"Ini sangat bagus. Kita harus terus diingatkan tentang bagaimana pengembangan olahraga. Karena keterbatasan akibat pandemi, metode webinar seperti ini sangat cocok dan seharusnya dilakukan secara rutin," katanya.

Dalam webinar tersebut, selain ketua KONI juga hadir sebagai narasumber yakni Wakil Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid yang menyampaikan paparan dengan tema 'Kebijakan Pemerintah tentang Olahraga di Era New Normal', kemudian atlet yang juga akademisi dari UMPP, M Rizki Adi Wijaya yang menyampaikan tema 'Olahraga di Era New Normal' serta salah satu putra daerah yang juga pemain Timnas, Muhammad Ridho yang berbicara tema 'Tetap Berlatih dan Berprestasi di Era New Normal'. Webinar tersebut dihadiri lebih dari 1.000 peserta yang hadir dari seluruh Indonesia.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait