Siswa dan Guru Bakal Terima Subsidi

Selasa 01-09-2020,11:45 WIB

*Kuota Internet Gratis

KENDAL - Ribuan siswa dan guru di satuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal bakal menerima subsidi kuota internet gratis dari pemerintah. Rencananya subsidi kuota internet itu akan dibagikan selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung mulai September hingga Desember mendatang.

Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, untuk Kabupaten Kendal nantinya akan ada 148 ribu siswa dan 9 ribu guru yang mendapatkan subsidi kuota internet gratis dari pemerintah.

Yakni rincianya 32.848 siswa Paud, 81.639 Siswa SD Negeri dan Swasta, serta 34.080 siswa SMP Negeri maupun Swasta. Untuk guru yang dapat 1.796 guru paud, 5.145 guru SD Negeri dan Swasta, serta 2.624 guru SMP Negeri dan Swasta.

"Saat ini masih dalam proses input nomor telepon di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di masing-masing satuan pendidikan hingga 11 September," katanya, Senin (31/8).

Diungkapkan, pihak Disdikbud Kendal juga menunggu interuksi dari Kementerian untuk petunjuk teknisnya (juknis) lengkap berkaitan dengan pemberian subsidi kuota internet gratis tersebut. Sehingga penjabaranya pemberian bantuan itu belum bisa sampaikan.

"Jukni pemberian bantuan kuota ionternet gratis itu seperti apa kami belim tahu. mekanismenya seperti apa kita tunggu sja," ungkapnya.

Hal lain, Wahyu menuturkan saat Disdikbud Kendal terus berupaya meningkatkan proses pembelajaran melalui jarak jauh dengan pengembangan berbagai inovasi. Diantaranyaa melalui ide dan kreatifitas para guru penggerak di satuan pendidikan Kendal.

"Para guru ini akan berkordinasi satu sama lain untuk memberikan inovasi maupun model pembelajaran yang kreatif kepada semua satuan pendidikan baik secara daring maupun luring," terangnya.

Wahyu menambahkan, melakukan inovasi penting, bahkan kurikulum pembelajaran yang digunakan harus menyesuaikan. Contoh di Kendal menggunakan kurikulum darurat atau penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

"Dan ini perlu dilakukan guna menunjang kebutuhan para siswa," timpalnya.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana memberikan bantuan berupa kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, hingga dosen. Anggaran yang dialokasikan Rp 7,2 triliun yang bersumber dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan dana Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020.

Bantuan kuota internet gratis itu akan dibagikan selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung mulai September hingga Desember mendatang. Bagi siswa atau orangtua siswa yang nomor ponselnya telah terdaftar akan mendapatkan kuota internet gratis sebesar 35 GB per bulan, sedangkan guru mendapatkan 42 GB, mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB. (lid)

Tags :
Kategori :

Terkait