Diduga dari Sampah yang Dibakar, Satu Rumah dan 4 Kios Ikut Terbakar

Jumat 28-06-2019,21:24 WIB

KOTA - Kebakaran menimpa sebuah rumah dan empat kios atau tempat usaha di Jalan Kusuma Bangsa No 21, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat (28/6) petang.

PADAMKAN API - petugas pemadam kebakaran bersama tim SAR, relawan, dan warga berusaha memadamkan api yang membakar rumah dan sejumlah kios di Jalan Kusuma Bangsa, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat (28/6) petang. WAHYU HIDAYAT

Informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi sekira pukul 17.00 WIB. Menurut saksi mata, kobaran api terlihat muncul dari tumpukan sampah yang terbakar, kemudian dengan cepat api membesar dan merambat mengenai bangunan yang ada di dekatnya. Api cepat membesar karena sebagian besar bangunan yang ada di lokasi tersebut terbuat dari kayu.

Salah seorang saksi mata, sekaligus salah satu korban, Yuliana (39), warga Kandang Panjang RT 07 RW 05, Kecamatan Pekalongan Utara, menuturkan saat itu dirinya hendak menuju ke tempat usaha permak jins (permak pakaian) dengan maksud mengambil baju jahitan milik pelanggan. Ia kaget, melihat ada api yang berkobar di tumpukan sampah. Ditambahkan bahwa saat kejadian, tempat usaha yang ada di lokasi tersebut sudah tutup. "Saya melihat ada tumpukan sampah yang terbakar dan api langsung merambat ke bangunan sekitar," ungkapnya.

Sedikitnya dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Pekalongan didatangkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api. Petugas damkar dibantu tim SAR, warga, dan petugas kepolisian maupun TNI berupaya terus memadamkan kobaran api agar tidak meluas. Akhirnya, api berhasil dipadamkan sekira pukul 18.30 WIB, dilanjutkan dengan proses pendinginan.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasubbag Humas Iptu Suparji, mengungkapkan bahwa pihaknya juga belum bisa menjelaskan apa penyebab pasti dari kebakaran tersebut. "Untuk penyebabnya belum bisa diketahui, menunggu penyelidikan lebih lanjut," imbuhnya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait