Dikira Membakar Sampah, Ternyata Kebun Karet Terbakar

Kamis 12-09-2019,16:00 WIB

Blok Blabar Dukuh Kecembang Desa Randusari Kecamatan Doro terbakar.
DORO - hutan karet seluas 5 hektar di Blok Blabar Dukuh Kecembang Desa Randusari Kecamatan Doro terbakar. Beruntung api dengan cepat dapat dipadamkan oleh petugas bersama warga sekitar.

Kobaran api diketahui sekira pukul 11.00 wib oleh warga sekitar yang hendak pergi ke kadang. Awalnya warga mengira kepulan asap api dari bakaran sampah. Tapi setelah didekati, ternyata lahan hutan karet milik PTPN IX Jolotigo terbakar. 

"Saya kira kepulan asap dari bakaran sampah namun setelah saya dekati ternyata berasal dari lahan hutan karet yang terbakar, " ungkap Washuri. 

Mengetahui hal itu, Washuri warga Desa Randusari, Doro, memberitahukan kepada Miswan (45) selaku Kepala Desa setempat. Mengetahui laporan tersebut, Kades langsung memberitahukan kepada pihak PTPN IX dan Polsek Doro. 

Selanjutnya, warga bersama petugas yang datang langsung berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya.  Kemudian setahun berjibaku dengan kepulan asap dan ranting yang terbakar, api baru bisa dipadamkan sekira pukul 14.00 wib. 

Kasubbag Humas Polres Pekalongan membenarkan adanya kebakaran Kebun Karet Blok Blabar Dukuh Kecembang Desa Randusari Kecamatan Doro milik PTPN IX Jolotigo.

"Kebakaran lahan kurang lebih 5 Hektar dan berhasil di padamkan oleh anggota Polri Polsek Doro bersama warga, Karyawan PTPN IX, dan Satpam PTPN IX sekira pukul 14.00 Wib," terangnya. 

Adapun api, lanjut dia, berhasil dipadamkan karena yang terbakar adalah dedaunan kering, ranting kering, dan rerumputan. Atas kejadian itu, ia mengimbau kepada mayarakat agar tidak membakar lahan kebun karena api bisa merambat dan membahayakan. (yon)
Tags :
Kategori :

Terkait