Dinkes Batang Raih Penghargaan Top 40 KIPP

Kamis 12-12-2019,07:40 WIB

Wabup Suyono didampingi Kepala Dinkes menunjukan penghargaan dari Gubernur Jateng. (Dok istimewa)

BATANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Batang berhasil meraih penghargaan Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 Jawa Tengah.

Penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersebut diberikan karena Pemkab Batang berhasil membuat inovasi sistem informasi sparsial keselamatan elektronik terpadu.

"Alhamdulillah, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran ASN Batang, yang selalu kita tuntun melakukan inovasi di sektor pelayanan publik," ujar Wakil Bupati Suyono usai menerima penghargaan yang berlangsung di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang ( 11/12/2019).

Menurut Suyono, Pemkab Batang fokus pada pembenahan pelayanan publik yang berbasis Informsi teknologi. Mengingat dengan Informasi Teknologi masyatakat bisa mempermudah mendaptkan pelayanan yang menjadi haknya.

"Kita memiliki Si Slamet 119 atau aplikasi pelayanan keselamatan darurat. Perangkat lunak ini dapat digunakan pada telepon pintar berbasis android," jelas Wakil Bupati Batang Suyono.

Wabup berharap agar inovasi pelayanan publik disektor kesehatan berbasisi elektronik dapat terus dikembangkan, sehingga lebih mudah, cepat, efisen dan sederhana.

"Penggunaan teknologi tidak saja di bidang pelayanan publik kesehatan saja, tapi juga bidang lainya, karena memasuki revolusi industri 4.O harus terus berinovasi dan kreatif kalau tidak kita akan ketinggalan," jelas Suyono.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang dr Hidayah Basket mengatakan, Inovasi ini sudah menjadi rujukan daerah lain untuk belajar tentang sistem informasi sparsial keselamatan kesehatan. Manfaat layanan ini bagi masyarakat yaitu apabila mengalami kegawat daruratan medis bisa segera menelpon si Slamet agar segera mendapat penanganan tanpa dipungut biaya.

"Mereka akan hadir membawa peralatan medis dan paramedisnya dengan kendaran ambulan, dan sepeda motor untuk yang tidak bisa dilalui oleh mobil," ungkap dr. Hidayah Bhasbet.

Pemkab Batang telah menyiapkan puluhan mobil ambulans dan sepeda motor untuk memberikan pelayanan darurat kepada masyarakat di kabupaten yang memiliki hutan terkenal Alas Roban ini. (don/hmb)

Tags :
Kategori :

Terkait