Ditemukan 200 Kotak Suara Pemilu Rusak

Kamis 21-02-2019,13:15 WIB

Progres Pengesetan di KPU Sudah 80%

Sebanyak 200 kotak suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal diketahui dalam kondisi rusak sejak dari pengiriman. Karena itu, KPU segera meminta ganti ratusan kotak tersebut ke KPU RI.

Katua KPUD Kendal, Hevy Indah Octaria mengatakan, total ada 17.445 kotak suara pemilu 2019 yang dirakit pihaknya. Hingga Rabu (20/2) kemarin, tercatat progres pengesetan sudah mencapai 80%. "Insya Allah, dalam satu dua hari ke depan proses pengesetan kotak suara ini kami targetkan selesai," ungkapnya, kemarin.

KEJAR TARGET - Proses pengesetan kotak suara masih dilakukan KPU dengan melibatkan 15 tenaga dan ditargetkan rampung dalam dua hari ini. NUR KHOLID MS

Diakui Hevy, KPU menemukan ada 200 kotak suara yang ketika diterima KPU sudah dalam kondisi rusak. Kerusakan itu terutama karena sobek serta seagian berlubang. Namun, dia memastikan jika rusaknya kotak suara bukan karena pengesetan, melainkan sudah rusak saat pengiriman. "Mungkin saat pengiriman ada yang terkena bak truk hingga rusak. Tinggal kotak suara untuk dua kecamatan yang belum dirakit. Tenaganya ada 15 untuk melakukan perakitan ini," terangnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Kendal Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Wahidin Said mengatakan, hasil pengawasan bawaslu, untuk penyimpanan kotak suara sudah standar dan aman. Artinya di bawah menggunakan palet dan di kasih alas plastik, sedangkan yang di atas kotak di tutup menggunakan terpal.

Hal itu untuk menghindari jika terkena air hujan dan kotoran. Untuk kotak suara juga kata said sudah dilakukan pengecekkan harus dimintakan ganti. "Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, agar kotak suara saat di serahkan ke TPS masih dalam keadaan tersegel dan bagus. Artinya tidak rusak," katanya. (nur)

Tags :
Kategori :

Terkait