Dua Km, Ruas Sidomulyo-Timbangsari Rusak Parah

Jumat 21-02-2020,13:20 WIB

*Pengguna Jalan Rawan Kecelakaan

*DPU Siap Perbaiki Tahun Ini

MEMBAHAYAKAN - Kondisi ruas jalan Sengare-Jolotigo sudah rusak parah, sehingga membahayakan pengguna jalan.

KAJEN - Kondisi ruas jalan yang menghubungkan Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang dengan Desa Timbangsari di Kecamatan Talun tercatat rusak parah. Jalur poros desa sepanjang 2 km itu karenanya rentan bagi terjadinya kecelakaan.

Kades Sidomlyo, Kecamatan Lebakbarang, Suyanto, berharap dinas terkait bisa segera memperbaiki kerusakan jalan. Pengaspalan jalan terutama mendesak dilakukan di ruas Dusun Nambangan Desa Sidomulyo, yang menjadi akses utama menuju Desa Timbangsari.

"Kondisinya rusah parah, kami harapkan segera ada perbaikan jalan dari pemerintah daerah untuk jalan poros Dari Desa Sidomulyo menuju Desa Timbangsari dengan jarak sekitar 2 Km. Saat ini kondisi rabat jalan sudah rusak parah," ungkapnya kepada Radar Pekalongan, Kamis (20/2/2020).

Menurut Suyanto, perbaikan jalan tersebut perlu segera dilakukan, karena menjadi akses penopang mobilitas ekonomi, pendidikan, dan sosial warga. Kecuali itu, dia juga menyebut perlunya pembangunan talud di Dusun Sidokidul, agar jalan tak mudah longsor.

Senada, Kades Sengare, Kecamatan Talun, H Karnadi, pun mengeluhkan kerusakan jalan ruas desanya menuju Desa Jolotigo. Kerusakan jalan terjadi sepanjang 2 km. "Karena badan jalan rusak parah, sehingga pengendara sering mengalami kecelakaan di ruas ini. Kami berharap dinas bisa segera memperbaiki," terangnya.

SEGERA DIPERBAIKI

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pekalongan, Bambang Irianto, memastikan ruas jalan poros desa tersebut sudah dianggarkan perbaikannya di tahun ini. Dia menyebutkan, perbaikan jalan juga akan dilakukan di ruas Krompeng, Batursari menuju ke Desa Jolotigo.

"Sudah ada anggarannya untuk perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Lebakbarang. Sementara perbaikan jalan terus dilakukan secara bertahap di wilayah Kecamatan Talun yang dikerjakan secara rutin," jelasnya.

Menurut Bambang, untuk ruas jalan Dawuhan Lebakbarang baru akan dikerjakan perbaikannya. Sementara untuk ruas Timbangsari-Sidomulyo, menurutnya baru bisa digarap setelah intensitas curah hujan mendukung. "Kegiatan yang sama juga akan kami realisasikan di ruas jalan ke Desa Jolotigo. Sementara untuk Desa Krompeng akan ada pengerjaan baru," pungkasnya. (jun)

Tags :
Kategori :

Terkait