Dua Pusat Perbelanjaan Ajukan Pembukaan Kembali

Kamis 04-06-2020,10:20 WIB

*Ria Busana dan Super Indo

*Pemkot Akan Tinjau Kesiapan

RAPAT KOORDINASI - Pemkot Pekalongan menggelar rapat koordinasi untuk membahas pengajuan pembukaan kembali dua pusat perbelanjaan yang sebelumnya sempat ditutup.

KOTA - Pemkot Pekalongan akan melakukan tinjauan lapangan terkait kesiapan toko Ria Busana dan Super Indo yang sebelumnya sempat ditutup oleh Tim Gugus Tugas Covid-19. Peninjauan akan dilakukan setelah adanya pengajuan pembukaan kembali dari manajemen dua pusat perbelanjaan tersebut.

Wakil Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid yang ditemui usai memimpin rapat koordinasi, Rabu (3/6/2020), menjelaskan bahwa Pemkot Pekalongan sudah menerima pengajuan surat dari manajemen dua toko tersebut dan sudah melakukan rapat koordinasi untuk merespon pengajuan itu.

Dikatakan Aaf, sapaan akrab Wakil Wali Kota, Pemkot sudah bertemu dengan manajemen Toko Ria Busana dan Superindo, mereka menyatakan sudah memperbaiki pelayanananya sesuai standar protokol kesehatan. Tapi selain mendengar penjelasan dari manajemen, Pemkot akan tetap mengecek kesiapan di lapangan.

Ria Busana dan Super Indo dikatakan Wakil Wali Kota memiliki kasus yang berbeda saat ditutup. Toko Ria Busana ditutup karena tidak bisa menerapkan protokol kesehatan yang meskipun sudah diperingatkan namun tidak ada perbaikan. Sedangkan Super Indo, ditutup karena tiga karyawannya reaktif saat rapid test.

Manajemen Ria Busana, menyatakan sudah menerapkan standar pelayanan sesuai protokol kesehatan. Sehingga dikatakan Aaf, jika dalam pantauan semua kesiapan dinilai sudah memenuhi syarat, tidak ada alasan Pemkot Pekalongan untuk tidak mengizinkan Ria Busana buka kembali.

Sedangkan untuk Super Indo, tiga karyawan yang reaktif saat rapid test hasil swabnya negatif. Sehingga menurut Wakil Wali Kota jika memang sudah ada pengajuan maka Pemkot bisa memberikan izin untuk Super Indo kembali operasional. Bahkan sebelumnya Superindo dinilai telah menerapkan protokol kesehatan.

"Kendati demikian dari Dindagkop UKM akan tetap survei lokasi untuk memastikan keseiapan masing-masing pusat perbelanjaan tersebut. Kalau hari ini siap dan telah disurvei besok sudah bisa dibuka," jelasnya.

Disampaikan Wakil Wali Kota, dalam pertemuan tersebut juga sudah ada poin kesepakatan antara Ria Busana dan Superindo dengan Pemkot Pekalongan dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat. Kesepakatan tersebut akan terus dipantau dan diharapkan dapat diterapkan dengan konsisten. "Ini akan kita pantau terus, jika tidak konsisten menerapkan protokol kesehatan akan kita tindak lagi," tegasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait