ODP Covid-19 Tersebar di Hampir Semua Kelurahan

Kamis 02-04-2020,12:40 WIB

Slamet Budiyanto

Ka Dinkes Kota Pekalongan, sekaligus Jubir Satgas Covid-19 Kota Pekalongan

KOTA - Berdasarkan data statistik pada laman Tanggap Covid-29 atau virus corona Kota Pekalongan di alamat http://corona.pekalongankota.go.id per Rabu (1/3/2020) pukul 16.28 WIB, di Kota Pekalongan terdapat 112 ODP (Orang Dengan Pemantauan (ODP) Covid-19.

Dari 112 ODP ini, 60 orang diantaranya masih proses pemantauan, sementara 52 orang sisanya sudah selesai pemantauan. Pada laman tersebut, tercatat pula ada 3 PDP (Pasien Dalam Pengawasan), yang mana ketiganya masih dirawat di rumah sakit. Sedangkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat ada 1 orang dan telah meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan, sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 di Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, menjelaskan bahwa di Kota Pekalongan ada yang berstatus ODP, PDP, serta terkonfirmasi positif Covid-19. "ODP di Kota Pekalongan, hampir di semua kelurahan ada. Untuk PDP sampai saat ini ada dua orang, dirawat di RSUD Bendan, namun demikian dua-duanya berasal dari Kabupaten Pekalongan," katanya, Selasa (31/3/2020).

Dalam perkembangan terbaru hingga Rabu (1/4/2020) sore, tercatat ada 3 PDP, dan belum ada perubahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari pasien yang PDP ini, belum jelas apakah positif Covid-19 atau tidak, sebab masih harus menunggu hasil swab.

Menurut Ka Dinkes Slamet Budiyanto, swab sudah dikirim kemarin. "Swab sudah dikirim ke lab Salatiga. Kemarin kirimnya," jelas Budiyanto, saat dikonfirmasi Radar Pekalongan, Rabu (1/4/2020) petang.

*Tidak Detail

Pantauan Radar Pekalongan melalui laman Tanggap Covid-19 Kota Pekalongan di http://corona.pekalongankota.go.id, statistik maupun data yang ditampilkan hanya mencakup jumlah serta status ODP, PDP, dan Positif Covid-18.

Jika dibandingkan dengan laman atau portal serupa milik daerah tetangga (Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan), data di laman Tanggap Covid-19 milik Kota Pekalongan masih kalah detail.

Misalnya saja laman "Covid-19 Monitoring System" atau Mocovid Pekalongan yang disediakan Pemkab Pekalongan di http://corona.pekalongankab.go.id/, itu tercatat lengkap berapa jumlah ODP, PDP, dan terkonfirmasi Covid-19 berikut peta sebarannya dimana saja.

Hal yang sama juga dicantumkan pada laman Covid-19 milik Pemerintah Kabupaten Batang di https://corona.batangkab.go.id. Bahkan, di laman ini tercantum pula usia, jenis kelamin, wilayah kecamatan, status (ODP/PDP/Covid-19), jenis kasus (lokal atau impor), lengkap dengan peta sebarannya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait