Duh, Server Situng Sering Ngadat

Sabtu 20-04-2019,12:00 WIB

BATANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang hingga kini terus melakukan proses input dan scan data Pemilu 2019. Sayangnya, di tengah upaya mengebut proses entri data, server aplikasi Situng malah sering down, sehingga para operator harus bersabar.

KEBUT - Operator Situng KPU Batang saat mengentri data C1 Pemilu 2019. DOK KPU

"Saat ini, masing-masing operator masih input hasil C1 dan scan lampiran C1 semua TPS. Terkadang server down, sehingga operator harus benar-benar bersabar dalam pelaksanaan tahapan ini," tutur Divisi Teknis KPU Kabupaten Batang, Aris Setia Budi, Jumat (19/4).

Adapun data yang diinput adalah hasil perolehan suara Pilpres, Pileg DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Aris menjelaskan, nantinya input tersebut akan digunakan untuk perhitungan cepat di KPU RI. Meski begitu, data itu tidak bisa dijadikan sebagai dasar hasil akhir penghitungan di TPS.

"Karena nantinya akan dilakukan rekapitulasi (manual), mulai dari tingkat PPK, KPU kabupaten/kota hingga KPU RI untuk memperoleh hasil realcount," ujarnya.

Sementara untuk rekapitulasi tingkat PPK, akan dimulai tanggal 20 April dengan rentang waktu 17 hari.

Namun sudah ada jadwal untuk semua PPK di Kabupaten Batang, yakni 14 kecamatan akan melaksanakan rekapitulasi dalam waktu 4 sampai 5 hari. Sedangkan untuk kecamatan Batang, diperkirakan akan dilakukan 8 sampai 10 hari.

"Terkait dengan pelaksanaan rekapitulasi di tingkat KPU Batang, belum bisa dipastikan tanggalnya, karena masih menunggu rekapitulasi di tingkat PPK selesai," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait