Dunia yang Tak Lagi Sama

Rabu 10-06-2020,16:00 WIB

Ulul Azmi, Kalak BPBD Batang

NARASI tentang kenormalan baru (new normal) sepertinya telah sukses mengendap di banyak kepala anak bangsa, meski kebijakan itu sendiri masih dalam tahap uji coba. Tetapi terlepas dari pro dan kontra, new normal sesungguhnya mengandaikan kondisi dunia yang tak lagi sama.

"Nyatanya, virus corona telah menjungkirbalikkan banyak cara hidup manusia hari ini. Bahwa Covid-19 akan ada selamanya, plus obat dan vaksinnya yang entah kapan ditemukan dan bisa digunakan manusia, pada akhirnya kita harus bersiap menghadapi dunia dan tata hidup yang tak lagi sama dengan kemarin sebelum virus ini mewabah dan menjelma pandemi. Inilah prinsip dasar dari new normal," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi, baru-baru ini.

Kata Ulul, new normal berangkat dari semangat adaptasi manusia untuk bertahan hidup. Bahwa mau tak mau, penghuni planet bumi harus hidup dengan kenormalan baru yang menyesuaikan diri dengan ancaman virus corona.

"Dari sisi pemerintah, ada dilema luar biasa kalau seandainya pembatasan sosial terus diberlakukan, karena ekonomi terancam. Maka selagi tren kasus Covid-19 mulai melandai, aktivitas sejumlah sektor itu dibuka kembali, tetapi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Itulah cara hidup baru kita ke depan," terangnya. (sef)

Tags :
Kategori :

Terkait