Empat Bakal Calon Bupati Lengkapi Berkas Pendaftaran

Selasa 24-09-2019,10:50 WIB

*Setelah Verifikasi Tim Kirim Berkas ke DPP

PENDAFTARAN - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Hj. Endang Suwarningsih mengambil berkas pendaftaran dan penjaringan Bupati Pekalongan di Kantor PDI Perjuangan kemarin.

KAJEN - Sampai batas akhir dibukanya pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon Bupati yang dibuka PDI-P, sudah ada empat orang bakal calon yang menyerahkan berkas ke Tim PDI Perjuangan. Adapun keempat orang tersebut, diantaranya Kades Waru Lor Kecamatan Wiradesa, Abdul Khamid, H Musa Adam dari Wonopringgo, Endang Suwarningsih dari Kecamatan Lebak Barang, dan Hj Chusnul Qhorinah dari Buaran.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pekalongan, Sumar Rosul ketika dikonfirmasi, Senin (23/9) membenarkan. Menurutnya, sampai hari dan jam terakhir dibukanya pendaftaran dan penjaringan bakal calon Bupati Pekalongan, hanya empat orang yang sudah menyerahkan berkas ke tim penjaringan.

Untuk penyerahan berkas syarat pendaftaran pertama oleh Abdul Khamid dari Wiradesa, pada Jumat (20/9) kemarin. Kemudian berkas selanjutnya adalah anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Dapil IV, H Musa Adam dari Wonopringgo pada Minggu (22/9). "Untuk hari terakhir, Senin (23/9), penyerahan berkas dari anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dapil V, Lebak Barang, yaitu Endang Suwarningsih. Kemudian satu lagi dari Buaran yaitu Hj Chusnusl Qhorinah," terangnya.

Setelah keempat berkas diterima, tahap selanjutnya adalah akan dilakukan verifikasi oleh tim dan setelah dinyatakan lengkap maka berkas akan dikirim ke DPP dan DPD untuk menunggu rekomendasi. Adapun rekomendasi tersebut akan keluar sebulan setelah pengiriman nama.

"Pada prinsipnya, ini adalah sebuah penjaringan, sebuah proses mekanisme untuk mencari figur terbaik namun untuk wewenang siapa yang akan keluar itu ada di DPP PDI Perjuangan. Untuk itu, siapapun yang direkomendasikan dimana muncul posisi atau paketan siapa namanya, maka kita sebagai struktural dam kader partai harus melaksanakan dengan baik sehingga pesta demokrasi berjalan sukses, " imbuhnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Hj Endang Suwarningsih mengaku mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Pekalongan periode 2020 - 2024 mendatang karena ingin membenahi dan memajukan Kabupaten Pekalongan seutuhnya.

"Berkas sudah lengkap dan sudah saya serahkan tadi dan tinggal menunggu tahapan selanjutnya. Kalau rekomendasi sudah turun makan kita akan langsung bergerak, " ungkapnya.

Sebelumnya, dua orang dari empat bakal calon menyerahkan berkas kelengkapan administrasi syarat penjaringan Bupati Pekalongan ke DPC PDI Perjuangan, Minggu (22/9). Keduanya adalah Kepala Desa Waru Lor, Wiradesa, Abdul Hamid dan H Musa Adam yang kini masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Pekalongan.

Adapun Musa Adam datang ke Kantor DPC PDI Perjuangan dengan diiring oleh sejumlah simpatisan yang ditemui langsung oleh Panitia Penjaringan Balon Bupati untuk periode 2020 - 2024, Agus Dwi Santosa. Kemudian Musa Adam langsung menyerahkan sejumlah kelengkapan kepada panitia.

Usai penyerahan berkas, H Musa Adam kepada sejumlah awak media menyatakan bahwa setelah mengambil formulir pendaftaran pada Kamis (19/9) kemudian kali ini menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran.

"Hari ini (Minggu -kemarin) penyerahan formulir yaitu dokumentasi yang harus kita lengkapi. Kemudian setelah saya serahkan ya karena kita kader maka kita mestinya menunggu tahapan selanjutnya, ya sesuai apa perintah partai kita wajib untuk menjalankan," katanya.(yon)

Tags :
Kategori :

Terkait