Empat Warga Kota Pekalongan Berstatus ODP Covid-19

Rabu 18-03-2020,07:55 WIB

Walikota dan Wakil Walikota bersama sejumlah pejabat OPD menggelar teleconfren dengan Gubernjr Jawa Tengah.

KOTA - Empat warga Kota Pekalongan dinyatakan berstatus orang dalam pantauan (ODP) terkait virus corona. Keempatnya saat ini masih berada di rumah masing-masing tapi terus mendapatkan pengawasan dari pihak Dinas Kesehatan melalui puskesmas.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz, Selasa (17/3/2020). Wali Kota menyatakan, keempat orang tersebut merupakan yang tersisa dari total 30 orang yang sebelumnya berstatus ODP di Kota Pekalongan. "Catatan kami, sebelumnya ada 30 ODP yang dalam pengawasan. Tapi mereka belum sampai dirawat di rumah sakit. Kami datangi ke rumah masing-masing untuk diperiksa," tuturnya.

Kemudian, dari 30 orang tersebut 26 diantaranya dinyatakan sehat dan tidak menunjukkan gejala apapun yang terkait dengan virus corona. Sedangkan empat orang lainnya, saat ini masih terus dalam proses pengawasan dan pemeriksaan. "Empat orang masih terus dilakukan pengawasan tapi mereka tetap tinggal di rumah masing-masing. Tidak ada yang dirawat karena kondisinya sehat," tambahnya.

Juru Bicara Satgas Pengcegahan dan Pengendalian Covid-19 Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menambahkan, mereka yang masuk dalam status ODP didasarkan pada riwayat perjalanan. Ke 30 warga tersebut, merupakan warga Kota Pekalongan yang baru saja pulang dari daerah yang sudah terjangkit virus corona.

"Mereka ini baru pulang dari daerah-daerah yang terjangkit, atau dari luar negeri. Diantaranya seperti TKI, TKA maupun TKW. Tapi semuanya masih dalam kondisi sehat. Saat ini masih ada empat orang yang berstatus ODP dari sebelumnya 30 orang. Yang 26 sudah dinyatakan bebas dan sehat," jelasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait