Enam Fraksi Terbentuk

Jumat 13-09-2019,17:50 WIB

RAPAT PARIPURNA - DPRD Kabupaten Pekalongan menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman pembentukan Fraksi-fraksi di DPRD, Kamis (12/9).a

KAJEN - DPRD Kabupaten Pekalongan menggodok pembentukan fraksi untuk periode 2019-2024. Pembentukan fraksi ini dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan dalam rangka Pengumuman Pembentukan Nama Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Pekalongan, Kamis (12/9) siang.

Terdapat enam fraksi di DPRD Kabupaten Pekalongan yakni Fraksi PKB, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi PAN, dan Fraksi Partai Golkar. Sesuai dengan persyaratan, partai yang memperoleh minimal empat kursi bisa membentuk fraksi sendiri. Hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapatkan satu kursi, sehingga partai ini bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan dengan nama Fraksi Persatuan Pembangunan.

Seperti diketahui, pada Pileg 2019, PKB memperoleh 15 kursi, PDI Perjuangan 11 kursi, Gerindra 5 kursi, PPP 5 kursi, PAN 4 kursi, Partai Golkar 4 kursi, dan PKS 1 kursi.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan, Ahsin Purwoko, membenarkan jika ada pembahasan internal di Dewan untuk membentuk fraksi. Menurutnya, PPP yang mampu memperoleh lima kursi akan membentuk fraksi dengan nama Fraksi Persatuan Pembangunan. "Untuk PKS bergabung dengan PPP, sehingga anggota Fraksi Persatuan Pembangunan ada enam orang. Untuk kandidat ketua fraksinya H Mirza Kholik," terang dia.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Pekalongan Nunung Sugiantoro, menyatakan, dengan perolehan lima kursi Gerindra membentuk fraksi sendiri dengan nama Fraksi Gerindra. Menurutnya, kandidat Ketua Fraksi Gerindra adalah Catur Andriansah. "Hari ini ada pembahasan di tingkat internal Dewan," terang dia, kemarin.

Ketua DPD PAN Kabupaten Pekalongan, Sofwan Sumadi, mengatakan, PAN membentuk fraksi sendiri dengan nama Fraksi PAN, dengan ketua fraksinya Candra Saputra. "Kita membentuk fraksi sendiri dengan ketua fraksinya Candra Saputra," terang Sofwan.

Sedangkan, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun yang berasal dari PKB mengatakan, untuk PKB akan membentuk Fraksi PKB. Kandidat ketua FPKB adalah Samsul Bahri. "Paripurna pengumuman fraksi nanti (kemarin siang)," terang dia.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumar Rosul, menyatakan, dengan raihan 11 kursi, PDI Perjuangan membentuk Fraksi PDI Perjuangan, dengan Ketua F PDI Perjuangan Sumar Rosul. "Untuk membentuk fraksi minimal ada empat kursi," terang dia.

Sedangkan, Partai Golkar yang meraih empat kursi juga membentuk fraksi sendiri, yakni Fraksi Partai Golkar. Untuk ketua fraksinya adalah HM Mochtar. "Ketua fraksinya Pak HM Mochtar," terang anggota DPRD dari Partai Golkar, Ahmad Kozin. (ap5)

Tags :
Kategori :

Terkait