Filantropi Cilik, Tingkatkan Semangat Berbagi

Rabu 13-11-2019,15:50 WIB

*SD Muhammadiyah Paesan

FILANTROPI - Para siswa SD Muhammadiyah Paesan saat melaksanakan program Filantropi Cilik Lazismu.

KEDUNGWUNI - SD Muhammadiyah Paesan telah berhasil membentuk filantropi cilik bagi seluruh siswanya. Melalui kaleng filantropi yang dimiliki masing-masing siswa, pihaknya menanamkan semangat berbagi melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari.

Dalam menyelenggarakan program tersebut, pihaknya menggandeng kerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) untuk mengajak siswa menanamkan sifat gemar berbagi sedari dini.

Kepala SD Muhammadiyah Paesan, M Azzam Anggoro, menuturkan bahwa gerakan filantropi atau berbagi harus ditanamkan sejak kecil. "Tujuannya agar dalam diri anak-anak tumbuh rasa empati dan simpati yang harapannya bisa melekat hingga mereka dewasa," ujae Pak Azam, sapaan karibnya.

Melalui Program Filantropi Cilik, pihaknya mengajak anak-anak untuk berbagi kepada teman sebayanya. "Donasi dari infak dan sedekah yang terkumpul, nantinya juga akan diwujudkan dalam bentuk bantuan untuk siswa kurang mampu," kata dia.

Setiap harinya, para siswa SD Muhammadiyah Paesan diajak untuk menyisihkan uang sakunya pada kaleng filantropi untuk kemudian didonasikan.

Dijelaskan, dalam menyelenggarakan program tersebut, pihaknya juga telah mendapat dukungan penuh dari para orang tua. Selain sebagai wujud kepedulain, program filantropi cilik juga dapat menanamkan karakter semangat berbagi. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait