Guru Diajak Berikan Pembelajaran yang Menyenangkan

Kamis 31-10-2019,13:45 WIB

TERANGKAN - Salah satu pemateri, Sri Mulyono, saat menyampaikan materi ke peserta Bintek Peningkatan Kompetensi Guru, KKG Disdikbud Batang di Gedung Pramuka, Rabu (30/10).

BATANG - Tak hanya bisa menyampaikan materi sesuai dengan kompetensi dasar, guru juga dituntut mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan cara itu, peserta didik bisa lebih mudah dan nyaman menerima materi ajar.

Untuk kepentingan itu pula, Disdikbud Batang kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kompetensi Guru, Kelompok Kerja Guru Disdikbud Batang, Rabu (8/10), di Gedung Pramuka. Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Batang, Endang Pujiarti berharap, melalui bintek tersebut guru bisa memiliki lima kompetensi dasar, yakni kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan melakukan hasil evaluasi pembelajaran, kemampuan merencanakan dan melaksanakan program tindak lanjut, serta disiplin.

"Salah satu poin dari lima kompetensi tersebut adalah kemampuan melaksanakan pembelajaran. Kami harap guru juga bisa melaksanakan pembelajaran dengan menyenangkan. Sehingga bisa mengeksplorasi kemampuan anak, dan membuat anak antusias dengan materi yang diberikan," ujar Endang didampingi Kasi Pembinaan Ketenagaan SD, Ristanto.

Dijelaskan, kegiatan itu diikuti 90 peserta dari 15 korwil bidang pendidikan Batang. Selama tiga hari ke depan, acara akan diisi pemateri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru berprestasi tingkat SD di Batang. Dalam kesempatan itu juga disampaikan materi terkait dengan pengembangan profesi guru. Sehingga guru diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya di berbagai bidang, khususnya dalam penelitian dan karya ilmiah. "Prinsipnya, kompetensi guru bisa meningkat, baik kompetensi individu maupun untuk perannya sebagai fasilitator untuk anak didiknya," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait