Optimalkan Konseling, Sentuh Hati Siswa

Sabtu 01-02-2020,14:10 WIB

*SMPN 1 Siwalan

KONSULTASI - Suasana konsultasi dan bimbingan siswa beserta orang tua dengan Kepala SMPN 1 Siwalan.

SIWALAN - Dengan keberagaman tipe dan karakter siswa, tak jarang setiap sekolah memiliki siswa yang bandel maupun bermasalah dalam batas wajar. Hal tersebut sudah menjadi hal umum yang hampir dialami oleh seluruh sekolah dari berbagai tingkatan. Demikian pula yang terjadi di SMP Negeri 1 Siwalan.

Dalam menyikapi para siswanya yang bermasalah dalam batas wajar, Kepala SMP Negeri 1 Siwalan, Bangkit Riyowanto SPd memiliki cara tersendiri untuk dapat mengubah karakter siswa menjadi lebih baik.

"Sebenarnya kuncinya ada pada cara untuk menyentuh hati siswa. Guru harus bisa memberikan stimulus agar siswa tahu bahwa yang dilakukannya salah, bahwa apa yang dilakukan itu akan merugikan diri mereka," tutur Pak Bangkit, sapaannya.

Misalnya dalam kasus siswa yang dalam kurun waktu lebih dari 3 hari tidak berangkat sekolah tanpa izin. Tak jarang siswa juga memiliki alasan tersendiri dalam melakukan aksi bandelnya tersebut. Dengan memberikan nasehat yang tidak panjang lebar namun mengena, sembari diajak untuk berdoa dan memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan melaksanakan kewajiban, siswapun dapat tersadar, meminta maaf dan mengakui kesalahannya di hadapan orang tuanya.

Dengan cara sederhana tersebut, pihaknya berharap agar kedepan para siswa SMP Negeri 1 Siwalan semakin sadar akan pentingnya pendidikan sekaligus menjaga tata tertib yang telah ditetapkan oleh sekolah. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait