Harga Bawang Putih Tembus Rp68 Ribu Per Kilo

Senin 10-02-2020,19:49 WIB

TRANSAKSI - Salah satu pedagang di Pasar Batang saat melakukan transaksi dengan pembeli, Senin (10/2). NOVIA ROCHMAWATI

BATANG - Suplai Bawang Putih yang menurun membuat harga bawang putih di sejumlah daerah naik, tak terkecuali di Batang. Di Pasar Batang, harga bawang putih jenis Cutting tembus hingga Rp68 Ribu per kilonya. Sedangkan untuk harga bawang putih jenis Honan harganya mencapai Rp64 Ribu.

Hal tersebut diaminkan salah satu pedagang, Solihati (38). Menurut sudah beberapa Minggu harga bawang putih naik. Khususnya bawang putih yang merupakan produk impor dari Cina. Meski harga beberapa komoditas lainnya hampir turun, namun harga bawang putih masih belum turun.

"Untuk cabai merah dan lainnya sudah mulai turun. Tapi untuk bawang putih malah belum turun. Masih naik, karena pasokannya, memang susah," terangnya kepada radarpekalongan.co.id.

Dijelaskan, ia sendiri menjual bawang putih jenis Honan dengan harga 64 Ribu per kilo dan Rp68 Ribu per kilo untuk jenis Cutting. Diakuinya membeli dari agen dengan harga Rp58 Ribu untuk jenis Cutting, dan Rp55 Ribu untuk jenis Honan.

"Perjalanan ke sininya susah, mungkin karena hujan juga. Sehingga pasokan pun turun. Ya karena barangnya sedikit harga pun jadinya naik. Biasanya saya dipasok sekitar 20 kilogram sekarang hanya dapat 10 kilogram per harinya," jelasnya.

Pasokan yang turun juga diamini oleh pedagang lainnya. Salah satu pedagang besar, Wiwin mengaku pasokan bawang putih di tokonya juga mengalami penurunan. Bahkan kini pihaknya hanya mendapatkan pasokan sekitar 20 kilogram per hari.

"Awalnya kita bisa mendapatkan 40 kilogram tiap hari. Cuma karena sekarang stoknya terbatas hanya ada sekitar 20 kwintal per harinya. Katanya sih memang pengirimannya ada kendala dari pusat," jelasnya. (Nov)

Tags :
Kategori :

Terkait