Harga Daging Ayam Terus Naik

Senin 06-07-2020,10:00 WIB

*Diduga Karena Kelangkaan Bibit

BATANG - Harga daging ayam di pasaran akhir-akhir ini mengalami kenaikan. Di Pasar Batang, harga daging ayam per kilogram dipatok mulai Rp 38 ribu hingga Rp 42 ribu. Sementara di tingkat pengecer harga daging ayam bisa mencapai Rp 45-48 ribu per kilonya.

Di Pasar Induk Batang, harga daging ayam telah mencapai Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogramnya. Satu di antara pedagang daging ayam, Rohayati mengatakan, harga daging ayam telah berangsur naik dari beberapa hari yang lalu.

"Sebenarnya kenaikan daging ayam sudah dari sebelum lebaran, sempat turun tapi terus naik lagi, sekarang rata-rata per kilogram Rp 40 ribuan," tuturnya, Jumat (3/7/2020).

Dikatakannya, kenaikan harga membuat konsumen mengeluh dan tingkat pembelian daging ayam menurun. Dia pun tidak mengetahui pasti penyebab kenaikan harga tersebut.

"Kalau penyebab pastinya kurang tahu, karena saya dari supplier harga sudah tinggi, dampaknya daya beli turun. Biasanya bisa menjual 20 sampai 25 kilogram, sekarang separuhnya sekitar 10 sampai 15 kilogram saja," ujarnya.

Diwawancarai terpisah, produsen ayam PT Tumbuh Optimal Prima, Marta Ferwad Fijana mengatakan, penyebab adanya kenaikan harga ayam turut terdampak pandemi Covid-19. Di awal pandemi, justru harga ayam turun drastis. Hal tersebut menjadikan pelaku produsen bibit ayam atau Day Old Chick (DOC) memilih tidak produksi sementara. Bahkan di antaranya ada yang terpaksa gulung tikar.

"Cukup banyaknya produsen bibit ayam yang berhenti produksi sementara membuat bibit ayam menjadi langka. Nah, kelangkaan bibit ayam itulah yang membuat pasokan sedikit dan harga menjadi naik," terangnya.

Sebagai produsen ayam dengan daya tampung 300 ribu ekor, dia pun merasakan imbas tersebut dengan kerugian hingga Rp 3 miliar lebih. "Dalam satu tahun biasanya bisa hingga delapan kali panen, tapi tahun ini karena Covid-19 hanya bisa enam kali panen saja," imbuhnya.

Hingga saat ini harga daging ayam dari kandang Rp 23 ribu per kilonya. "Sekarang sudah sedikit turun, sebelumnya harga daging ayam dari kandang berkisar Rp 24 Ribu sampai Rp 25 Ribu," pungkasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait