Home Schooling Siswa Diajak Berkreasi

Jumat 14-08-2020,13:00 WIB

*TK Negeri Pembina Reban

BATANG - Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru pendidikan TK di Batang menerapkan sistem home schooling. Untuk mencegah kebosanan anak selama belajar di rumah, anak diajak untuk berkreasi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh TK Negeri Pembina Reban yang mengajak anak berkreasi membuat ronce dari daun pepaya.

Kepala TK Negeri Pembina Reban, Sugiarti didampingi salah satu guru, Ervika PH menjelaskan, pembelajaran ini sengaja dirancang untuk mencegah kebosanan pada anak. Terlebih sudah beberapa bulan sebelumnya anak hanya belajar di rumah aja, tanpa ada kehadiran pendidik secara langsung.

"Dengan metode homeschooling anak dibagi menjadi per kelompok. Tiap kelompok maksimal 5 anak. Dan nantinya mereka setiap seminggu sekali akan didatangi pendidik untuk memberikan materi. Materinya pun kami sudah susun sedemikian rupa untuk anak agar meminimalisir anak bosan saat home schooling," jelasnya.

Dalam kesempatan kali ini, pihaknya mengajak anak berkreasi dengan bahan alami. Kreasi ronce dari daun pepaya ini diharapkan mampu melatih koordinasi mata dan tangan anak, melatih kesabaran dan konsentrasi.

"Harapannya anak dapat memanfaatkan bahan alam dilingkungan sebagai alat untuk belajar. Dari meronce anak bisa diajarkan berhitung, menghitung hasil ronceanaya, Pengenalan konsep panjang pendek, dan lainnya. Tentunya dengan pembelajaran seperti ini lebih menyenangkan, karena anak tidak hanya sekadar mewarnai seperti biasanya yang kadang membuat mereka bosan dan tak bersemangat," tutupnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait