Pemkot Akan Tambah Dua Stasiun Pompa

Selasa 11-02-2020,11:40 WIB

*Di Jalan Kusuma Bangsa dan Slamaran

KOTA - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini berencana membangun dua stasiun pompa pengendali banjir di wilayah Kecamatan Utara.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan Khaerudin menyampaikan, kedua pompa pengendali banjir itu masing-masing akan dipasang di Jalan Kusuma Bangsa dan Slamaran. Keberadaan dua rumah pompa berikut mesin pompa ini diharapkan dapat mengurangi genangan banjir yang selama ini melanda dua wilayah tadi.

"Selama ini genangan di Jalan Kusuma Bangsa mulai dari depan Taman Makam Pahlawan ke utara surutnya lama. Pembangunan stasiun pompa ini untuk membantu penyedotan genangan air supaya lebih cepat surut," jelas Khaerudin, Senin (10/2/2020).

Sedangkan pembangunan stasiun pompa di Slamaran, menurut Khaerudin juga untuk membantu mengatasi genangan di daerah setempat. "Selama ini di daerah tersebut sudah ada pompa tetapi swadaya. Sekarang kita rencanakan untuk membangun stasiun pompa di situ untuk skala perumahan," ungkapnya.

Pembangunan dua stasiun pompa ini telah dianggarkan melalui APBD Kota Pekalongan tahun 2020, dengan nilai masing-masing Rp200 juta.

Selain pembangunan dua stasiun pompa tadi, DPUPR juga akan mengadakan mesin pompa skala kecil untuk lingkungan RT/RW sebanyak 8 unit. "Pompa tersebut untuk mengakomodir keinginan warga," imbuhnya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait